Pemenang Pemilu Malaysia akan Jaga Baik Hubungan dengan Indonesia
Situasi pemilu di Malaysia. (Foto: AFP/ JEWEL SAMAD).
Jakarta: Pemilihan umum Malaysia tengah berlangsung, dengan kandidat petahana Najib Razak dan oposisi Mahathir Mohamad. Pengamat hubungan internasional Universitas Padjajaran Teuku Rezasyah mengatakan siapapun pemenangnya akan tetap menjaga hubungan baik dengan Indonesia.

"Pemenang pemilu akan disibukkan dengan urusan domestik selama enam bulan, karena sibuk, Pemerintah Malaysia akan sangat menjaga diri , sehingga berusaha keras tidak menciderai hubungan bilateral dengan Indonesia," ujar Teuku Rezasyah kepada Medcom.id, Rabu 9 Mei 2018.

Dia memperkirakan tidak akan terjadi pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) selama masa enam bulan awal tersebut. Bahkan, menurut Rezasyah, Pemerintah Malaysia akan menindak tegas para perambah hutan asal Malaysia.


"Pemerintah akan menindak tegas para perambah hutan asal Malaysia yang berperilaku negatif di perbatasan dengan Indonesia," imbuh dia.

Menurut dia, hal ini dilakukan agar hubungan dengan Indonesia tetap mesra dan tidak gangguan.

Rezasyah menambahkan, selama enam bulan awal tersebut Perdana Menteri Malaysia akan disibukkan dengan urusan re-organisasi partai, menyusun kabunet yang ideal sesuai bobot dukungan partai. "Ini tentunya untuk mendalami aspirasi masyarakat dan dunia usaha," tukasnya.

Kemudian, pemimpin Malaysia akan sibuk untuk mendamaikan masyarakat yang majemuk dan terbelah di tingkat etnis, agama dan profesi.

Sementara itu, Rezasyah mengaku pemilu Malaysia kali ini sudah terprogram dengan baik, begitu pula dengan sosialisasi ke masyarakat. "Memungkinkan rakyat mengenal dengan sangat baik para calon anggota Parlemen yang mencalonkan diri, mulai dari jati diri mereka, higga program yang mereka unggulkan," serunya.

Rezasyah menambahkan, kandidat petahana Najib Razak berpotensi menang meski pun tipis kemungkinannya. "Sekitar 52 persen untuk Najib dan 48 persen untuk Mahathir," ungkapnya.

Dia menuturkan hingga dua pekan ke depan, pemerintah dan masyarakat Malaysia akan sibuk menyoroti verfikasi hasil suara.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360