Indonesia Berhasil Capai Tiga SDGs dalam 4 Tahun
Menlu Retno Marsudi tegaskan Indonesia capai empat fokus SDGs. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Jakarta: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyatakan Indonesia berhasil memenuhi beberapa target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Menurut Retno pencapaian SDGs harus dari kerja sama semua pihak.
 
"SDGs adalah proyek kemanusiaan, memihak kemakmuran dalam skala global. Pencapaian SDGs membutuhkan partisipasi dari semua pemangku kepentingan," kata Retno dalam perayaan UN Day di Museum Nasional, Jakarta, Jumat 9 November 2018.
 
Dia mengatakan, sejauh ini Indonesia telah berpartisipasi dalam semua aspek kehidupan. Karenanya, tiga target SDGs, yaitu pemberantasan kemiskinan, akses air bersih dan layanan kesehatan.
 
Untuk pemberantasan kemiskinan, penurunannya berkurang hingga satu digit menjadi 9,8 persen pada 2018. Menurut Retno, angka ini adalah yang terendah sejak Indonesia berdiri.
 
Sementara itu, untuk pemenuhan akses air bersih mencapai 76,44 persen. Sedangkan layanan kesehatan Indonesia, melalui sistem asuransi kesehatan nasional, mencakup 77,78 persen.
 
"Angka itu dari seluruh Indonesia dengan target 100 persen tahun depan," imbuhnya.
 
Retno mengatakan, semua hal tersebut bisa tercapai karena ada tindakan afirmatif. Komitmen Indonesia dalam mencapai kemakmuran ini menurut dia sangat tinggi.
 
"Tidak ada pilihan bagi kami, komunitas internasional, kami harus bekerja sama dan berkolaborasi dalam mencapai SDGs," tutur Retno.
 
Retno menuturkan, kunci terakhir mencapai target SDG adalah sinergi tingkat nasional, regional dan global. Dia mendesak komunitas internasional untuk bekerja sama dalam proyek kemanusiaan terbesar di dunia.
 
"Jalan menuju dunia yang aman, damai dan sejahtera itu panjang dan berliku. Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjadikan dunia ini sebagai tempat yang lebih baik bagi kita, anak-anak dan generasi masa depan kita," pungkasnya.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id