Menurut catatan, di tahun 2050 nanti, Timur Tengah dan Afrika Utara akan dapat membuka 300 juta lapangan kerja baru. (Foto:Medcom.id/Sonya)
Menurut catatan, di tahun 2050 nanti, Timur Tengah dan Afrika Utara akan dapat membuka 300 juta lapangan kerja baru. (Foto:Medcom.id/Sonya)

Kerja Sama Pendidikan Tingkatkan Hubungan Ri-Timur Tengah

Internasional diplomasi luar negeri timur tengah Pendidikan Tinggi
Sonya Michaella • 02 Mei 2019 12:20
Jakarta: Indonesia ingin segera meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan pendidikan vokasional dengan negara-negara Timur Tengah dan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir, pendidikan tinggi harus menjadi fokus kerja sama selanjutnya.
 
“Kerja sama di bidang pendidikan tinggi harus menjadi fokus kerja sama kita, pun pendidikan vokasional, mengingat mayoritas negara Islam merupakan negara yang pembangunannya maju,” kata Fachir, di Jakarta, Kamis 2 Mei 2019.
 
Menurut Fachir, setiap negara harus mengindentifikasi pelatihan vokasional yang spesifik yang sejalan dengan agenda pembangunan ekonomi masing-masing negara. Tak hanya itu, kerja sama ini juga harus menghasilkan keuntungan bagi tiap-tiap negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bidang pendidikan tinggi, dikatakan kerja sama antarnegara juga harus ‘link and match’. Menurut catatan, di tahun 2050 nanti, Timur Tengah dan Afrika Utara akan dapat membuka 300 juta lapangan kerja baru.
 
“Dari situ, kita harus menyiapkan anak-anak muda terutama di pendidikan tinggi dan tugas kita untuk memastikan anak-anak muda berkualitas untuk masuk ke pasar ekonomi dan bursa kerja tersebut,” ucap Fachir.
 
Sementara itu, lima tahun ke depan, ungkap Fachir, Indonesia akan memfokuskan diri di pembangunan sumber daya manusia. Salah satu komponen yang diperlukan adalah kerja sama dengan dunia internasional.
 
“Di samping itu, kami juga terus mengamati pertumbuhan pembangunan dari ekonomi negara-negara Timur Tengah dan negara anggota OKI,” tuturnya lagi.
 
Selanjutnya, diharapkan pendidikan tinggi ini nantinya akan menuju ke pembangunan industri halal yang di mana KTT-nya dicanangkan Indonesia pada 2020 mendatang.

 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif