Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Belasan WNI Terkait ISIS Ditangkap di Malaysia

Internasional isis wni ditangkap
Medcom • 26 September 2019 14:38
Kuala Lumpur: Malaysia menangkap 15 orang dengan dugaan memiliki hubungan dengan kelompok militan Islamic State (ISIS). Sebagian besar dari yang ditangkap berasal dari Indonesia.
 
Malaysia telah siaga tinggi sejak Januari 2016, ketika orang-orang bersenjata yang bersekutu dengan ISIS melakukan serangkaian serangan di Jakarta, ibu kota Indonesia.
 
“Dalam penangkapan kali ini, mereka diringkus dalam beberapa penggerebekan di seluruh Negeri Jiran antara Juli dan September,” kata kepala penanggulangan terorisme Malaysia Ayob Khan Mydin Pitchay dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip The Star, Kamis, 25 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasus pertama melibatkan seorang pekerja perkebunan kelapa sawit Indonesia berusia 25 tahun di negara bagian Sabah di Kalimantan. Menurut polisi, dia bertindak sebagai fasilitator untuk keluarga beranggotakan lima orang yang melakukan serangan bunuh diri di sebuah gereja di Jolo, di selatan Filipina pada Desember 2018.
 
“Tersangka juga diduga menyalurkan dana ke kelompok Maute, yang menguasai kota Marawi di tepi danau di Filipina selama lima bulan pada 2017,” ujar Ayob.
 
Polisi mengatakan mereka juga menangkap 13 orang Indonesia lain dan seorang Malaysia dalam penggerebekan terpisah atas dugaan melakukan kegiatan dalam mendukung ISIS. Mereka ditangkap karena mempromosikan ideologi kelompok dan merekrut anggota baru di media sosial, dengan tujuan meluncurkan serangan.
 
Polisi menangkap seorang warga negara India secara terpisah karena menjadi anggota kelompok Sikhs For Justice yang telah dilarang di India. Tersangka sejak itu telah dideportasi.
 
Malaysia telah menangkap ratusan orang dalam beberapa tahun terakhir karena dicurigai memiliki hubungan militan.
 

Penulis: Fitri Nur Rizkyani
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif