Konsep Indo-Pasifik Indonesia dan India Serupa
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Perdana Menteri Narendra Modi (kanan). (Foto: Antara).
Jakarta: Konsep Indo-Pasifik ala Indonesia terus diperkenalkan ke negara-negara lain, salah satunya India. Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Rawat Kumar mengatakan konsep ini sudah diperkenalkan Presiden Joko Widodo saat melakukan lawatan ke India Januari lalu.

"Pasti akan dibahas dalam pertemuan kedua pemimpin negara, jadi saya tidak bisa membahasnya lebih lanjut di sini," ucapnya dalam jumpa pers di Ritz Carlton Hotel, Senin 28 Mei 2018.

Meski demikian, dia mengatakan tujuan dari konsep Indo-Pasifik Indonesia dan India sama, yaitu untuk menciptakan kestabilan dan kesejahteraan kawasan Samudra Hindia.


Hal senada diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada saat Ifthar Kemenlu. "Kita akan lanjutkan komunikasi kita. Jadi, Indo-Pasifik ini Presiden sudah menyampaikan dan setelah itu ada beberapa komunikasi," tukasnya.

Menlu Retno menuturkan tidak melihat adanya perbedaan konsep masalah Indo-Pasifik antara kedua negara.

Indo-Pasifik menjadi salah satu agenda penguatan politik luar negeri Indonesia di tahun 2018. Konsep Indo-Pasifik sudah digaungkan sejak 2013, dan Indonesia berfokus pada potensi di Samudra Hindia.

Ada tiga prinsip kerja sama dalam konsep Indo-Pasifik Indonesia, yaitu kerja sama transparan, terbuka dan inklusif sesuai dengan hukum internasional. Indonesia tetap ingin menggunakan ASEAN sebagai sentralitas yang membangun arsitektur Indo-Pasifik ini.

Karenanya, Indonesia ingin menggunakan building block approach dengan memperkuat kerja sama negara pesisir Samudra Hindia.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id