PM Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden RI Joko Widodo di Kuala Lumpur, Agustus 2019. (Foto: AFP)
PM Malaysia Mahathir Mohamad dan Presiden RI Joko Widodo di Kuala Lumpur, Agustus 2019. (Foto: AFP)

Mahathir Akan Surati Jokowi Terkait Karhutla

Internasional kabut asap indonesia-malaysia
Sonya Michaella • 13 September 2019 08:13
Kuala Lumpur: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad segera mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo untuk menyampaikan keprihatinannya terkait kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan dan Sumatra.
 
Akibat kebakaran hutan ini, asap yang ditimbulkan mempengaruhi kualitas udara di Negara Bagian Sarawak. Bahkan, kabut asap sempat menyelimuti ibu kota Kuala Lumpur.
 
Otoritas Indonesia telah mengerahkan 16 helikopter untuk membawa bom-bom air yang akan dijatuhkan ke sejumlah titik api di Kalimantan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya telah membahas masalah ini dengan PM Mahathir dan ia telah setuju untuk menulis surat kepada Presiden Jokowi terkait kabut asap lintas batas ini," kata Menteri Tenaga, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim dan Alam Sekitar Malaysia Yeo Bee Yin, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 13 September 2019.
 
"Kantor PM sedang mempersiapkan surat tersebut dan segera dikirim," lanjut Yeo.
 
Sebelumnya, Yeo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya sempat beradu argumen terkait kebakaran hutan ini. Siti menilai, kebakaran hutan tak hanya terjadi di Indonesia.
 
Siti juga menolak klaim Singapura yang mengaku terkena imbas dari kebakaran hutan yang ada di Sumatra. Kualitas udara Singapura juga tercemar akibat kabut asap yang berasal dari Riau.
 
Menanggapi Siti, Yeo memaparkan data yang dirilis Pusat Meteologi ASEAN yang berbasis di Singapura di mana ada 474 titik api di Kalimantan dan 378 titik api di Sumatra. Sebagai perbandingan, hanya ada tujuh titik api di Malaysia.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif