Duta Besar Kamboja untuk Indonesia Hor Nam Bora dipanggil Kemenlu RI. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Duta Besar Kamboja untuk Indonesia Hor Nam Bora dipanggil Kemenlu RI. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Kemenlu Jelaskan Posisi RI Terhadap Oposisi Kamboja

Internasional politik kamboja Indonesia-Kamboja
Marcheilla Ariesta • 10 November 2019 05:00
Jakarta: Kedatangan Duta Besar Kamboja untuk Indonesia Hor Nam Bora ke Kementerian Luar Negeri Indonesia kemarin, rupanya merupakan kemauannya sendiri.
 
Kedatangannya terkait keributan kecil yang terjadi dalam konferensi pers oposisi Kamboja di Jakarta beberapa hari lalu.
 
"Intinya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama kedua negara selama ini," tutur Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri RI, Denny Abdi kepada Medcom.id, Sabtu, 9 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Hor, kata Denny, memberikan penjelasan mengenai posisi pemerintahnya terkait oposisi. Sementara Kemenlu menjelaskan prinsip-prinsip yang dianut Indonesia, termasuk kebebasan berpendapat dan demokrasi.
 
"Namun demikian, Indonesia juga memegang teguh prinsip non-intervensi dan tidak mencampuri urusan domestik negara lain," imbuh Denny.
 
Dia menambahkan, terkait aktivitas warga negara asing, Pemerintah Indonesia akan bersikap berdasarkan aturan yang berlaku di dalam negeri.
 
Kemarin, Jumat 8 November 2019, Dubes Hor Nam Bora datang ke Kemenlu RI. Dia bertemu dengan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu RI, Andri Hadi.
 
Kedatangannya untuk menjelaskan kejadian tiga hari lalu, saat Hor menyeruak masuk ke konferensi pers tertutup yang digelar tokoh oposisi Kamboja dari Partai CNRP, Mo Sochua.
 
Sebelumnya, Mo Sochua sempat ditahan di imigrasi Malaysia. Ia terbang dari Jakarta menuju Kuala Lumpur dengan harapan dapat kembali ke Kamboja pada 9 November. Di saat bersamaan, pemimpin CNRP yang lain, Sam Rainsy, kabur ke Prancis.
 
Mo Sochua juga sempat ditolak di Bandara Suvarnabhumi, Thailand. Usai ditolak, ia terbang ke Indonesia dan menggelar konferensi pers yang dihalangi oleh Dubes Hor. Selama ini, Mo Sochua mengasingkan diri di Amerika Serikat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif