Menlu Retno Marsudi membahas peningkatan perdagangan dengan Menlu Latvia Edgars Rinkevics. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta.
Menlu Retno Marsudi membahas peningkatan perdagangan dengan Menlu Latvia Edgars Rinkevics. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta.

Perdagangan Indonesia-Latvia Meningkat 35 Persen

Internasional indonesia-latvia
Marcheilla Ariesta • 19 Juli 2019 13:05
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Latvia, Edgars Rinkevics. Pertemuan keduanya membahas peningkatan hubungan di bidang perdagangan.
 
"Rasanya sulit memperhatikan semua data yang menunjukan tren positif dari hubungan bilateral Indonesia-Latvia. Untuk perdagangan Indonesia-Latvia, mengalami kenaikan sebesar 35 persen," kata Retno dalam pernyataan pers bersama di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat 19 Juli 2019.
 
Pada kuartal pertama di 2019, kata Retno, meningkat sebesar 29 persen di bidang perdagangan. Retno menuturkan Latvia merupakan pasar perdagangan terbesar Indonesia di kawasan Baltik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang menarik adalah setengah dari ekspor yang dilakukan Indonesia ke Latvia adalah minyak sawit. Direktur Eropa II Kemenlu RI Hendra Halim, menuturkan bahwa ekspor Indonesia ke Latvia sebesar USD49,5 juta (atau setara Rp688,8 miliar).
 
"Sekitar USD25 juta adalah kelapa sawit pada 2016," terangnya.
 
Dalam kesempatan sama, Menlu Rinkevics menuturkan sangat senang menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia di negara-negara Baltik. "Tetapi saya telah melihat bahwa masih ada ruang untuk pertumbuhan dan perbaikan," kata Rinkevics.
 
Meski banyak mengimpor banyak dari Indonesia, Latvia banyak hal yang ditawarkan. "Saya pikir pertemuan ini memberikan stimulus yang sangat baik untuk kerja sama lebih lanjut di bidang ini," tuturnya.
 
Pertemuan kedua menlu ini yang kedua kalinya. Rinkevics menuturkan sangat senang bisa kembali ke Jakarta sejak tujuh tahun terakhir.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif