Jokowi Dijadwalkan Buka Our Ocean Conference 2018
Presiden Joko Widodo, (Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan RI)
Nusa Dua: Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka konferensi internasional Our Ocean Conference 2018 di Nusa Dua, Bali, Senin 29 Oktober 2018. OOC juga akan dihadiri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti.

Sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi akan menegaskan visi dan kepemimpinan Indonesia dalam berbagai isu kelautan. Ini merupakan OOC kelima sejak kali pertama digelar di Amerika Serikat pada 2013.

Bertemakan "Our Ocean Our Legacy," OOC 2018 akan memprioritaskan kerja sama maritim di enam area. Keenam fokus itu adalah penanganan polusi kelautan; melindungi area maritim; penangkapan ikan berkelanjutan; dampak perubahan iklim terhadap laut; Blue Economy; dan keamanan maritim.


OOC 2018 akan dihadiri lebih dari 1.900 perwakilan dari 70 negara. Tujuh perwakilan meliputi kepala negara dan 30 pejabat setingkat menteri. Beberapa kepala negara yang dijadwalkan hadir di antaranya Presiden Palau, Presiden Nauru, Pangeran Monako, Presiden Marshall Islands, Wakil Presiden Panama dan Wakil Presiden Seychelles.

Sebanyak 38 organisasi internasional serta 290 NGO dan sektor privat juga akan hadir.

Menteri Susi menginginkan OOC 2018 betul-betul membahas mengenai komitmen. Ia tidak ingin konferensi ini sekadar diskusi antar negara tanpa ada hasil nyata.
 
Sementara Menlu Retno menilai OOC 2018 akan menunjukkan kepemimpinan Indonesia dalam bidang kelautan. Hal ini dinilai sejalan dengan diplomasi maritim yang terus disuarakan pemerintahan Presiden Jokowi.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id