Hubungan Indonesia dan Tiongkok terus kuat dalam beberapa tahun terakhir (Foto: AFP)
Hubungan Indonesia dan Tiongkok terus kuat dalam beberapa tahun terakhir (Foto: AFP)

Kultur Buat Tiongkok Salah Dimengerti oleh Negara Lain

Internasional asean-tiongkok
Sonya Michaella • 21 Oktober 2016 16:53
medcom.id, Jakarta: Beberapa pihak berpendapat bahwa hubungan kerja sama antara ASEAN dan Tiongkok tak berjalan mulus karena adanya beberapa kendala, salah satunya adalah komunikasi.
"Ada beberapa yang tidak dan belum mengetahui kultur Tiongkok. Di sinilah pekerjaan rumah kita, di mana kita harus membuat Tiongkok mudah untuk dimengerti," ujar Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN, Xu Bu, ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Jumat (21/10/2016).
Padahal, menurutnya, kerja sama antara ASEAN dan Tiongkok hanya perlu ditingkatkan lebih tinggi lagi dari pada yang sekarang. Menurut Xu, ketidak tahuan mengenai kultur Tiongkok tersebut membuat beberapa pihak tak mengerti kebijakan Tiongkok untuk ASEAN.
"Kami di sini memiliki tujuan untuk ASEAN. Tentu tujuan yang baik dan menguntungkan. Untuk dapat dimengerti satu sama lain dan membangun kerja sama yang baik," lanjutnya.
Xu menambahkan bahwa Tiongkok selalu mengembangkan dan mengutarakan maksudnya di koridor yang benar dan baik.
"Kami selalu ada di track yang benar, apa yang Tiongkok ingin dan ke mana Tiongkok akan melangkah," ucapnya lagi.
Xu menegaskan bahwa prinsip Tiongkok sedari dulu adalah kedamaian dan kesejahteraan. Tiongkok menjadi negara yang besar sekarang dan sangat menghargai perbedaan yang ada.
Dengan negara lain, misalnya, Tiongkok selalu menghargai perbedaan yang ada pada negara tersebut dengan tetap menghormati kebiasaan-kebiasaannya.
"Semua negara pasti memiliki kesulitan-kesulitannya sendiri, dari kami, kami harus dengan baik 'mempromosikan' Tiongkok dengan cara yang benar agar dimengerti baik oleh semuanya," pungkas Xu.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif