Sekelompok orang berada di Siachen Glacier, Himalaya. (Foto: AFP)
Sekelompok orang berada di Siachen Glacier, Himalaya. (Foto: AFP)

Salju Longsor Tewaskan 6 Orang di Himalaya

Internasional salju longsor himalaya
Willy Haryono • 19 November 2019 06:33
Himalaya: Salju longsor menerjang sekelompok orang di zona militer pegunungan Himalaya, Senin 18 November 2019. Korban tewas terdiri dari empat prajurit India dan dua portir.
 
Peristiwa terjadi di Siachen Glacier yang memiliki ketinggian lebih dari 5.000 meter. Area tersebut sama-sama diklaim India dan Pakistan.
 
Ratusan tentara India dan juga Pakistan tewas akibat salju longsor dan cuaca ekstrem di Siachen Glacier dalam tiga dekade terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang juru bicara militer India mengatakan kepada AFP bahwa salju longsor menerjang delapan orang di ujung utara Siachen Glacier di Karakoram.
 
Tim penolong berhasil menggali tumpukan salju dan mengeluarkan mereka semua.
 
"Meski kami telah berusaha keras, enam orang termasuk empat prajurit dan dua warga sipil meninggal akibat hipotermia ekstrem," kata Kolonel Rajesh Kalia kepada AFP.
 
Salju longsor adalah peristiwa yang sering terjadi di Siachen Glacier. Temperatur di area tersebut terkadang bisa sangat rendah, hingga mencapai minus 60 derajat Celcius.
 
Pada 2016, 10 tentara India teaws akibat terkena salju longsor di Himalaya. Total sekitar 900 prajurit India tewas di Siachen Glacier sejak 1984.
 
Siachen Glacier terletak di ujung utara Line of Control (LOC) yang memisahkan wilayah sengketa Kashmir. Kashmir adalah wilayah yang diperebutkan India dan Pakistan sejak 1947.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif