NEWSTICKER
Pasukan Amerika Serikat di Afghanistan melakukan operasi militer gabungan. Foto: AFP
Pasukan Amerika Serikat di Afghanistan melakukan operasi militer gabungan. Foto: AFP

Petinggi Al Qaeda di India Tewas dalam Operasi Militer

Internasional al qaeda afghanistan
Medcom • 09 Oktober 2019 16:04
Kabul: Seorang komandan Al Qaeda tewas dalam operasi militer gabungan Amerika Serikat (AS) dan Afghanistan pada September.
 
Petinggi Afghanistan mengonfirmasi bahwa Asim Umar, yang memimpin Al Qaeda Indian Subcontinent (AQIS) atau Al Qaeda wilayah India sejak awal tahun 2014, terbunuh dalam serangan pada 23 September di basis pertahanan Taliban di Distrik Musa Qala di Provinsi Helmand.
 
Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) mengatakan, Umar adalah warga negara Pakistan. Namun, beberapa laporan mengklaim bahwa dia lahir di India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dia terbunuh bersama dengan enam anggota AQIS lainnya. Kebanyakan dari mereka adalah warga Pakistan. Umar juga salah satu anggota Taliban,” pernyataan NDS yang diumumkan melalui Twitter.
 
“Serangan itu merupakan bagian dari operasi semalam yang panjang dan melelahkan pada 22-23 September saat AS memberikan dukungan serangan udara,” imbuh pernyataan yang dilansir dari AFP, Rabu 9 Oktober 2019.
 
Pihak berwenang mengatakan mereka akan menyelidiki laporan bahwa 40 warga sipil, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan udara selama operasi.
 
NDS mengatakan bahwa di antara enam anggota AQIS lainnya yang tewas dalam serangan itu adalah seorang pria yang diidentifikasi sebagai ‘Raihan’. Diyakini, Raihan adalah seorang kurir untuk pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri.
 
Rencana perdamaian antara Taliban dan Pemerintah Afghanistan sempat membuahkan perdamaian. Tetapi negosiasi itu sempat terhenti hingga akhirnya dinegosiasikan kembali antara AS dan Taliban.
 
Washington menyetujui untuk menarik pasukan dari Afghanistan jika Taliban mematuhi jaminan keamanan dan memutuskan semua hubungan dengan Al Qaeda.
 

 

 
Penulis: Rifqi Akbar
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif