NEWSTICKER
Kaisar Jepang Naruhito. (Foto: AFP)
Kaisar Jepang Naruhito. (Foto: AFP)

Kaisar Jepang Berharap Wabah Korona Dapat Segera Diatasi

Internasional kaisar jepang
Arpan Rahman • 23 Februari 2020 14:05
Tokyo: Kaisar Jepang Naruhito menginjak usia ke-60 tahun hari ini, Minggu 23 Februari 2020. Di hari ulang tahunnya, ia menyempatkan diri berbicara kepada awak media mengenai berbagai hal, termasuk wabah virus korona COVID-19.
 
Jepang menjadi sorotan usai kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di pelabuhan Yokohama sejak awal Februari. Gelombang kritik melanda Jepang, karena kasus demi kasus korona terus bermunculan di Diamond Princess, yang angkanya kini telah melampaui 600.
 
Menyinggung mengenai wabah korona, Kaisar Naruhito mengekspresikan rasa simpati kepada keluarga korban tewas dan mereka yang terinfeksi. Ia juga mendukung jajaran petugas yang berusaha keras menekan angka penyebaran varian baru virus korona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berharap wabah ini dapat segera diatasi sesegera mungkin," kata Kaisar Naruhito, dikutip dari NHK.
 
Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang membatalkan acara bertemu kaisar di halaman istana di tengah kekhawatiran korona. Biasanya, acara tegur sapa semacam ini selalu mengundang banyak warga.
 
Selain korona, Kaisar Naruhito juga membicarakan perannya sebagai simbol negara. Ia mengaku mendapat kekuatan untuk menjalankan tugasnya sebagai kaisar dari kata-kata hangat banyak orang.
 
Ia mengaku akan menghayati secara mendalam mengenai jalan yang telah diambil oleh sang ayah, Kaisar Emeritus Akihito. Ia juga berjanji akan meningkatkan kualitas dirinya agar bisa lebih baik melayani masyarakat.
 
Kaisar Naruhito juga membicarakan mengenai Olimpiade tahun ini yang akan digelar di Tokyo. "Saya berharap olimpiade tahun ini dapat mendorong pemuda untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap pentingnya perdamaian," ucap Kaisar Naruhito.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif