Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov. (Foto: Medcom.id/Marcheilla).
Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov. (Foto: Medcom.id/Marcheilla).

Rusia Terus Pantau Perkembangan Indo-Pasifik di ASEAN

Internasional asean-rusia
Marcheilla Ariesta • 30 November 2018 17:42
Jakarta: ASEAN tengah merundingkan konsep Indo-Pasifik yang menjadikan wilayah ini sebagai pusatnya. Rusia, sebagai mitra strategis ASEAN akan melihat perkembangan perundingan tersebut.
 
"Kita akan melihat apa yang akan diusulkan oleh negara-negara ASEAN mengenai konsep Indo-Pasifik yang tengah mereka rundingkan dan belum selesai," kata Duta Besar Rusia untuk ASEAN Alexander Ivanov, di kediamannya, Jakarta, Jumat 30 November 2018.
 
Dia mengatakan konsep Indo-Pasifik milik Indonesia yang tengah dirundingkan di ASEAN harus mewakili kawasan. Meski demikian, imbuh Ivanov, jika konsep ini diarahkan untuk mengecualikan seseorang, maka Rusia tidak akan mendukung hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika strategi dan konsep ini diarahkan untuk mengecualikan satu negara daripada pendekatan terhadap strategi dan konsep, maka hal ini akan menjadi negatif," katanya.
 
Jika hal tersebut terjadi, imbuhnya, Rusia akan menolak konsep tersebut dipegang ASEAN. Karena Rusia menjunjung tinggi multilateralisme.
 
"Rusia berdiri teguh pada prinsip pendekatan multilateral kolektif terhadap keamanan dan stabilisme di wilayah ini. Mengecualikan seseorang sangat salah dan negatif untuk mengembangkan sebuah kawasan," imbuhnya.
 
Dia menyebutkan hal tersebut tidak akan baik untuk tujuan perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Pasifik, khususnya ASEAN. Ivanov menambahkan negaranya hanya mendukung sentralitas ASEAN.
 
"Kami mendukung sentralitas ASEAN dan itu menjadi dukungan utama kami untuk kawasan ini," pungkasnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi