Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebut ada kemajuan negosiasi perbatasan maritim Indonesia dan Malaysia. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sebut ada kemajuan negosiasi perbatasan maritim Indonesia dan Malaysia. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).

Indonesia-Malaysia Segera Formalisasi Negosiasi Perbatasan

Internasional indonesia-malaysia kemaritiman perbatasan menlu retno lp marsudi
Marcheilla Ariesta • 13 Desember 2018 12:21
Depok: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada kemajuan dalam negosiasi perbatasan maritim Indonesia dan Malaysia. Menurut Retno, Indonesia tinggal formalisasi capaian negosiasi tersebut.

"Tahun ini ada kemajuan yang kita lakukan dengan Malaysia. Kita tinggal formalkan capaian negosiasi maritim dengan Malaysia dan dari waktu ke waktu kita selesaikan negosiasi perbatasan maritim dengan negara tetangga," kata Retno di Universitas Pancasila, Depok, Jawa Barat, Kamis 13 Desember 2018.

Meski demikian, Retno tidak merinci sejauh mana kemajuan tersebut. Dia hanya mengungkapkan bahwa menyelesaikan perbatasan maritim penting untuk menghindari terjadinya insiden.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut Retno, paket Indonesia dalam negosiasi batas maritim tersebut sudah jelas. "Kalau paket kita jelas, maka mudah mengelolanya. Dan intensifikasi negosiasi batas maritim dan barat kita lakukan terus menerus," ungkapnya. Retno mengatakan negosiasi tersebut tidak mudah. Meski demikian, Indonesia yakin dengan intensifikasi negosiasi, maka hasilnya bisa cepat keluar.

Indonesia memiliki perundingan batas maritim dan darat dengan beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Vietnam, Filipina dan Timor Leste. Beberapa perbatasan sudah berhasil diselesaikan, namun masih ada batas maritim dan barat yang masih dinegosiasikan di meja perundingan.


(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi