Biksu Tibet kerap melakukan aksi bakar diri (Foto: AFP)
Biksu Tibet kerap melakukan aksi bakar diri (Foto: AFP)

Minta Dalai Lama Kembali, Biksuni Tibet Bakar Diri

Internasional tibet
Fajar Nugraha • 11 April 2015 12:33
medcom.id, Beijing: Seorang biksuni Tibet melakukan aksi bakar diri. Tindakan itu dilakukannya sebagai upaya meminta Dalai Lama kembali ke Tibet.
Aksi bakar diri sudah kerap terjadi dan dilakukan oleh kalangan biksu di Tibet. Sebagian besar aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap kekuasaan Tiongkok di Tibet.
Yeshi Khando dari Biara Ngangang, melakukan aksinya di Provinsi Sichuan. Sebelum membakar diri, perempuan berusia 47 tahun itu memutari Biara Kardze pada Rabu (8/4/2015).
Kemudian Khando membakar dirinya di dekat markas polisi, sambil berteriak kemerdekaan Tibet. Selain itu, dia juga meminta Dalai Lama untuk kembali ke Tibet dari pengasingannya di India. Demikian diberitakan Associated Press, Sabtu (11/4/2015).
Tindakan nekat ini dilaporkan oleh lsm yang membela perjuangan masyarakat Tibet. Kelompok International Campaign for Tibet melaporkan pihak keamanan dan polisi menggunakan selang air untuk memadam api.
Pihak berwenang di lokasi kejadian langsung membawa Khando. Tidak diketahui nasibnya saat ini, tetapi sumber di lokasi meyakini bahwa Khando sudah meninggal.
Sementara laporan berbeda justru datang dari warga di wilayah Ganzi. Seorang perempuan menolak adanya laporan aksi bakar diri.
Tindakan nekat membakar diri sudah kerap terjadi di Tibet. Ratusan biksu menyulut api pada tubuhnya sendiri sebagai bentuk protes terhadap kontrol ketat dari Pemerintah Tiongkok terhadap kehidupan beragama di Tibet.
The International Campaign for Tibet mengatakan, sekitar 113 pria dan 24 perempuan melakukan aksi bakar diri sejak Maret 2011. Sebagian besar dari mereka berakhir dengan kematian.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif