Serangan hiu beberapa kali terjadi di perairan Queensland, Australia. (Foto: AFP)
Serangan hiu beberapa kali terjadi di perairan Queensland, Australia. (Foto: AFP)

Dua Turis Inggris Diserang Hiu di Australia

Internasional ikan hiu
Arpan Rahman • 29 Oktober 2019 13:08

Queensland: Dua turis asal Inggris mengalami luka parah usai diserang seekor ikan hiu di perairan Whitsunday, Queensland, Australia. Seorang korban bahkan kehilangan salah satu kakinya.
 
Kedua pria itu, berusia masing-masing 22 dan 28, diterbangkan ke rumah sakit di Mackay. Pria yang lebih muda kehilangan kaki, sementara satunya lagi mengalami "laserasi serius."
 
Serangan hiu terjadi di Hook Passage, sekitar 30 kilometer dari pelabuhan di Pantai Airlie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan helikopter penyelamat RACQ mengatakan kedua pria itu sempat terlihat "bergulat di dalam air" sebelum serangan hiu terjadi. Usai serangan, keduanya diangkut ke kapal wisata menuju Airlie Beach, sebelum akhirnya diterbangkan ke Mackay dengan helikopter.
 
Operator tur wisata, ZigZag Whitsundays, mengeluarkan pernyataan via Facebook dan mengatakan kedua korban adalah penumpang sebuah kapal pesiar.
 
"Kami turut berduka untuk kedua korban dan juga keluarga mereka masing-masing," kata pernyataan itu.
 
"Saat ini kami terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memberikan bantuan apapun yang bisa kami berikan. Kami telah menunda tur kami hari ini," sambungnya, dikutip dari Guardian, Selasa 29 Oktober 2019.
 
Serangan terjadi di tengah perdebatan mengenai pengendalian aktivitas ikan hiu di Queensland. Terdapat pula putusan dari sebuah pengadilan yang memaksa otoritas Queensland untuk mencabut perangkap yang dipasang untuk membatasi pergerakan hiu.
 
Sejumlah pakar konservasi mengatakan hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa perangkap dan umpan mematikan seperti yang dipasang di Queensland dapat mencegah serangan hiu.
 
Seorang pria asal Victoria tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan hiu di Whitsundays pada musim panas lalu. Beberapa insiden tersebut terjadi di Cid Harbour, sekitar 10 km dari Hook Passage.
 
Penulis: Fitri Nur Rizkyani


 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif