Keberlangsungan Hidup Hutan di Agenda SDGs 2030

Sonya Michaella 09 Agustus 2018 10:59 WIB
lingkungan hidupsdg
Keberlangsungan Hidup Hutan di Agenda SDGs 2030
Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Sigit Hardwinarto (Foto: Sonya Michaella).
Jakarta: Permasalahan hutan berhubungan erat dan tak bisa lepas dalam keberlangsungan masyakarat dan juga agenda Sustanaible Development Goals (SDGs) 2030. Penataan ekosistem juga sangat diperlukan demi kelestarian hutan.
 
"Hutan harus diurus untuk keberlangsungan kehidupan generasi masa depan. Lingkungan yang asri dan baik juga menjadi salah satu agenda SDGs 2030," kata Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Sigit Hardwinarto, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Kamis 9 Agustus 2018.
 
"Hal ini sejalan dengan mandat UUD 1945 yang menyebutkan bumi serta kekayaan alam dikuasai oleh negara dan ditujukan untuk kemakmuran rakyat," lanjut dia.
 
Sigit menambahkan, SDGs sebagai agenda dunia juga ditujukan untuk keberlangsungan kehidupan bumi yang ditargetkan 17 tujuannya akan tercapai pada 2030 mendatang.
 
"Agenda pembangunan berkelanjutan ini dibuat untuk menjawab tuntutan-tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi berbagai masalah, termasuk lingkungan," ucap dia.
 
Tujuan SDGs, ucap dia, diaplikasian secara universal dan bersama-sama untuk menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi.
 
Indonesia sendiri telah berkomitmen untuk mewujudkan agenda SDGs 2030 sejak disetujuinya agenda ini pada Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada September 2015.
 
17 rencana SDGs akan dilaksanakan oleh seluruh negara anggota PBB, dengan melibatkan masyarakat sipil dan mitra lainnya.
 
SDGs juga menggantikan Millenium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada 2015. SDGs sendiri telah dimulai pada 2016 dan ditargetkan selesai pada 2030 atau bahkan sebelum itu.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id