Wakil Indonesia untuk Komisi Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR) Yuyun Wahyuningrum. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Wakil Indonesia untuk Komisi Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR) Yuyun Wahyuningrum. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Negara ASEAN Harus Berani Bersuara Mengenai Rohingya

Internasional rohingya asean AICHR
Sonya Michaella • 24 Oktober 2019 18:08
Jakarta: Wakil Indonesia untuk Komisi Hak Asasi Manusia ASEAN (AICHR) Yuyun Wahyuningrum berharap pada KTT ASEAN, negara-negara anggota terus menyuarakan keadilan untuk Rohingya. KTT ASEAN sedianya bakal digelar di Bangkok, Thailand, pada 31 Oktober mendatang.
 
Yuyun menilai, Myanmar tidak ada kemauan untuk menerima kembali lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung oleh Bangladesh di Cox’s Bazar.
 
“Saya berharap di KTT yang akan datang pemerintah-pemerintah negara anggota ASEAN meminta pemerintah Myanmar menjelaskan kenapa repatriasi ini tidak jalan dan apa yang harusnya ASEAN lakukan,” kata Yuyun di Jakarta, Kamis 24 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yuyun menyarankan agar ASEAN menyiapkan rencana cadangan jika memang proses repatriasi ini nantinya akan gagal. Saat ini, ada rencana Bangladesh memindahkan Rohingya ke Bhashar Chan, pulau rawan banjir.
 
“Jadi ASEAN harus punya level di mana menyiapkan rencana cadangan jika rencana A, B, dan C sudah tidak jalan. Sekarang ini kan fuma ikut dan mengusulkan segala sesuatu tapi tidak ada hasilnya juga,” tutur Yuyun.
 
Yuyun mengimbau, ASEAN harus bisa mengatasi permasalahan ini tanpa terlihat mengintervensi urusan dalam negeri Myanmar. Terlebih, situasi di kamp penampungan untuk Rohingya tidak manusiawi.
 
Terkait dengan AICHR menanggapi kasus ini, Yuyun menyebut AICHR hanya bisa memonitor dan mengobservasi serta memberikan rekomendasi kepada Myanmar. Menurut Yuyun, semua kunci terletak di negara tersebut.
 
“Sebetulnya kunci ada di Myanmar. Jadi kalau myanmar mau ini dan itu, kami serta negara lain ya tinggal mendukung dan melakukan apa yang bisa kita bantu,” ucap dia.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif