NEWSTICKER
 Kim Jong-un menunggang kuda bersama istrinya Ri Sol-ju di tengah salju. Foto: AFP
Kim Jong-un menunggang kuda bersama istrinya Ri Sol-ju di tengah salju. Foto: AFP

Bukan Makanan, Korut Habiskan Rp8,2 Miliar untuk Impor Kuda

Internasional korea utara
Arpan Rahman • 20 Februari 2020 08:12
Pyongyang: Korea Utara (Korut) dilaporkan menghabiskan hampir USD600.000 setara Rp8,2 miliar untuk mengimpor kuda dari Rusia dalam dekade terakhir. Termasuk lebih dari USD75.000 setara Rp1,03 miliar kuda-kuda keturunan asli selama tahun lalu saja.
 
“Korut telah menghabiskan USD584.302 setara Rp8 miliar untuk mengimpor setidaknya 138 kuda dari Rusia antara 2010 dan 2019. Ini termasuk selusin kuda Rusia senilai USD75.509,76 setara Rp1,03 miliar, menurut data bea cukai Rusia yang disediakan oleh pemerintah,” menurut laporan NK News yang berbasis di Seoul.
 
Pembelian Oktober dikatakan pembelian terbesar negara itu sejak 2015, ketika mengimpor 61 kuda seharga USD192.204 setara Rp2,6 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemimpin Korut Kim Jong-un digambarkan Oktober lalu berpacu di atas kuda putih melintasi lereng Gunung Paektu yang diselimuti salju. Di mana ia "memandangi pegunungan yang tampak seperti gunung curam setinggi revolusi yang harus ia lewati dengan semangat tinggi," lapor Korean Central News Agency (KCNA), kantor berita negara Korut, saat itu.
 
Citra pemimpin Korut di puncak gunung dikatakan sebagai simbol kekuatan negara serta pandangannya tentang masa lalu dan masa depan.
 
"Tercermin dalam penampilan yang bermartabat dari Kim Jong Un di puncak Gunung Paektu yang agung adalah keagungan komandan termasyhur yang memandang jauh ke jalan kemajuan negara sosialis yang kuat yang akan mencapai kemakmuran dengan upaya sendiri, bertemu gemuruh angin yang bertiup ke arah muka dengan badai Gunung Paektu," KCNA melaporkan.
 
Dia digambarkan kembali Desember lalu memacu kuda putih di Gunung Paektu, ditemani oleh pejabat senior yang juga naik kuda putih. Belum dapat dipastikan apakah kuda yang terlihat pada Desember itu adalah pembelian terbaru. Data bea cukai Rusia juga mengungkapkan bahwa setidaknya dua kuda dijual ke Korut pada Agustus 2016 dengan harga kurang dari USD5.600 setara Rp76,7 juta, lapor NK News.
 
Pada 2003, Presiden Rusia Vladimir Putin dikatakan telah memberikan kuda Orlov Trotter kepada Kim Jong Il, almarhum ayah Kim Jong Un, untuk ulang tahunnya, menurut Artyom Lukin, seorang pakar hubungan internasional di Far Eastern Federal University di Vladivostok, Rusia.
 
"Orang-orang Korut menyukai trotters Orlov. Saya pikir salah satu alasan mereka mengendarai mereka adalah penampilan kerajaan Orlov yang luar biasa, juga temperamen mereka yang baik," kata Lukin kepada NK News.
 
"Saya tidak yakin kuda-kuda yang diekspor Rusia ke Korut pada Oktober 2019 sama seperti yang dilakukan Kim Jong Un dan rombongannya ke Gunung Paektu pada yang sama dan lagi di bulan Desember," tambahnya, dinukil dari Newsweek, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Pembelian kuda Korut tahun lalu datang ketika negara itu masih di bawah sanksi internasional yang dikenakan atas senjata nuklir dan program rudal balistiknya.
 
Bulan lalu, pemimpin Korut menyatakan niatnya untuk berpotensi memperluas gudang senjata nuklirnya, menurut media negara itu. Ancaman itu dihentikan beberapa jam kemudian oleh Presiden Donald Trump, yang membual tentang hubungannya dengan pemimpin Korea Utara: "Dia (Kim) menyukaiku, saya suka dia, kami rukun."
 
"Dia (Kim Jong Un) mewakili negaranya, saya mewakili negaraku, kami harus melakukan apa yang harus kita lakukan," tambah presiden.
 
"Saya pikir dia (Kim Jong Un) adalah pria yang memegang kata-katanya, jadi kita akan mencari tahu, tapi saya pikir dia adalah pria yang patuh pada janji," kata Trump.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif