Warga Filipina beramai-ramai membeli masker medis dalam upaya mencegah terjangkit virus korona nCoV. (Foto: AFP / Ted ALJIBE)
Warga Filipina beramai-ramai membeli masker medis dalam upaya mencegah terjangkit virus korona nCoV. (Foto: AFP / Ted ALJIBE)

WHO Umumkan Kematian Pertama Korona di Luar Tiongkok

Internasional virus korona tiongkok filipina
Marcheilla Ariesta • 02 Februari 2020 12:38
Manila: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kematian pertama akibat virus korona tipe Novel Coronavirus (nCoV) di Filipina. Kematian ini juga menjadi yang pertama terjadi di luar Tiongkok.
 
Pasien di Filipina ini merupakan seorang pria Tiongkok yang bepergian dari kota Wuhan, tempat virus pertama kali terdeteksi.
 
"Ini adalah kabar kematian pertama yang dilaporkan di luar Tiongkok," kata perwakilan WHO untuk Filipina, Rabindra Abeyasinghe, dikutip dari Channel News Asia, Minggu 2 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun kita harus ingat bahwa ini bukan kasus yang didapat secara lokal. Pasien berasal dari wilayah pusat penyebaran (virus) ini," imbuhnya.
 
Pria tersebut tiba di Filipina bersama seorang perempuan Tiongkok yang juga dinyatakan positif terkena virus. Ia merupakan pasien pertama virus nCoV di Filipina.
 
"Pasien sedang dalam pemulihan di rumah sakit, namun kondisinya memburuk dan meninggal," tutur Menteri Kesehatan Francisco Duque.
 
Pekan lalu, WHO menyatakan virus nCoV ini sebagai darurat kesehatan global. Kematian akibat virus ini semakin meningkat di wilayah Tiongkok.
 
Akibat virus, pemerintah di seluruh dunia menutup perbatasan mereka dari dan ke Tiongkok. Bahkan mereka melarang warga Tiongkok untuk masuk guna menghentikan penyebarannya.
 
Filipina sendiri akan mengumumkan untuk menghentikan kedatangan wisatawan asing dari Tiongkok. Langkah ini sebelumnya sudah dilakukan Amerika Serikat, Australia dan Israel.
 
Jumlah pasien meninggal dunia akibat virus ini mencapai 304 jiwa. Sementara total yang terinfeksi mencapai lebih dari 11 ribu kasus.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif