Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Menlu Afghanistan Sebut Indonesia Konsisten Mengenai Perdamaian

Internasional indonesia-afghanistan
Sonya Michaella • 15 Maret 2019 17:33
Jakarta: Menteri Luar Negeri Afghanistan Salahuddin Rabbani menyebut Indonesia merupakan negara yang terdepan dalam mendukung proses perdamaian negaranya. Hal ini ia sampaikan ketika bertemu Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, pagi hari ini.
 
“Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan negara pertama yang menawarkan bantuan penuh dan konsisten bagi proses perdamaian Afghanistan. Kami sangat berterima kasih,” kata Rabbani, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.
 
“Indonesia memegang peranan cukup penting bagi proses perdamaian Afghanistan. Bantuan Indonesia tentu kami butuhkan,” lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rabbani juga merangkum sejumlah bantuan Indonesian yang telah dan sedang diberikan, seperti pertemuan ulama Afghanistan dan Pakistan yang digelar di Istana Bogor pada tahun lalu.
 
“Mendorong proses perdamaian adalah sangat penting, pada dasarnya. Kami juga mengapresiasi Indonesia yang membantu dan bekerja sama dengan keputusan-keputusan pemerintah Afghanistan,” ungkap Rabbani lagi.
 
Dalam pertemuan ini, dibahas pula tawaran-tawaran Indonesia untuk proses perdamaian Afghanistan, seperti siapnya Indonesia jika diminta menjadi tuan rumah dialog perdamaian dan 100 beasiswa untuk warga Afghanistan.
 
Menlu Retno juga menegaskan, dengan posisi Indonesia di Anggota Tidak Tetap Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bersama Jerman, Indonesia sedang merumuskan resolusi memperpanjang mandat misi PBB di Afghanistan, yang sebentar lagi habis.
 
Hubungan Indonesia dan Afghanistan makin erat setelah kunjungan Presiden Ashraf Ghani ke Indonesia pada 2017 dibalas dengan kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Kabul pada awal tahun 2018.
 
Tak sampai satu bulan, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengunjungi Afghanistan pada Februari 2018. Dari situ, terlihat komitmen Indonesia terhadap perdamaian di Afghanistan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi