Gunung berapi Taal di Filipina masih menyisakan ancaman untuk warga. Foto: AFP
Gunung berapi Taal di Filipina masih menyisakan ancaman untuk warga. Foto: AFP

Warga Filipina Mengungsi dari Daerah Bahaya Gunung Taal

Internasional gunung berapi filipina
Arpan Rahman • 17 Januari 2020 18:08
Agoncillo: Kekhawatiran akan letusan gunung berapi Taal yang lebih besar terus meningkat ketika ribuan orang di zona bahaya meninggalkan rumah mereka di Filipina.
 
Gumpalan asap dan lava menyembur ke udara ketika getaran membuka celah di jalan-jalan. Polisi memblokade sejumlah kota yang berisiko karena kekhawatiran akan letusan baru.
 
Rumah-rumah dan lahan pertanian telah dirusak oleh abu vulkanik sejak letusan dimulai pada Minggu. Meskipun tidak ada kematian atau cedera besar yang dilaporkan setelah puluhan ribu orang diungsikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gunung berapi di provinsi Batangas terletak lebih dari 64 km selatan ibu kota, Manila.
 
Ribuan penduduk di bawah perintah untuk mengungsi dari sebuah kota dekat gunung berapi Filipina Taal telah diizinkan untuk mengunjungi rumah secara singkat demi menyelamatkan hewan-hewan mereka dan mengambil kembali beberapa harta milik mereka. Mereka mengambil kesempatan dari apa yang tampak sebagai aktivitas gunung yang mulai reda.
 
Daniel Reyes, Wali Kota Agoncillo di dalam zona bahaya dari gunung berapi setinggi 311 meter itu, mengatakan dia mengizinkan sekitar 3.000 penduduk untuk memeriksa properti mereka dan mengambil hewan, pakaian, dan harta benda lainnya.
 
"Jika saya tidak membiarkan mereka menyelamatkan hewan mereka, hewan mereka akan mati dan bersama dengan itu sumber mata pencaharian mereka," kata Reyes, disitat dari Evening Standard, Jumat 17 Januari 2020.
 
Sederet panjang mobil, truk, taksi motor yang membawa babi, anjing, pesawat televisi, kompor gas, dan kipas listrik, terlihat meninggalkan Agoncillo, di antara kota-kota yang diselimuti lapisan abu vulkanik yang tebal.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif