Perdana Menteri Pakistan Imran Khan. AFP/Madoka Ikegami.
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan. AFP/Madoka Ikegami.

PM Pakistan Berharap Bisa Berdamai dengan India

Internasional konflik india-pakistan
Marcheilla Ariesta • 27 Mei 2019 09:15
Islamabad: Perdana Menteri Pakistan Imran Khan telah mengucapkan selamat terpilih kembali kepada Perdana Menteri India Narendra Modi. Imran Khan berharap India dan Pakistan dapat berdamai.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Modi atas kemenangan pemilihan BJP (Partai Bharatiya Janata) dan sekutu. Saya menantikan untuk bekerja sama demi perdamaian, kemajuan dan kemakmuran di Asia Selatan," kata Khan lewat akun Twitter-nya, dilansir dari laman Al Arabiya, Senin, 27 Mei 2019.
 
Kementerian Luar Negeri India menjawab cuitan PM Pakistan itu. Kemenlu India menyebut PM Modi mengucapkan terima kasih atas ucapan selamat itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perdana Menteri mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri Pakistan atas panggilan telepon dan salamnya," tutur mereka.
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Mohammad Faisal mengatakan Imran Khan menegaskan kembali visinya untuk perdamaian, kemajuan, dan kemakmuran di Asia Selatan. Dia mengharapkan kerja sama dengan Modi untuk memajukan tujuan-tujuan ini.
 
Ketegangan antara India dan Pakistan kembali memuncak pada Februari lalu. Kala itu, serangan bunuh diri terhadap pasukan paramiliter India di wilayah sengketa, Kashmir, menewaskan 40 tentara mereka.
 
India melancarkan serangan udara beberapa hari kemudian pada satu kelompok militan yang berbasis di Pakistan, Jaish-e-Mohammed. Kelompok tersebut mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.
 
Pakistan dan India telah berperang dua kali di wilayah Himalaya yang disengketakan. Mereka juga sering terlibat pertempuran bersenjata di sepanjang perbatasan yang sangat termiliterisasi.
 
Sementara itu, media India melaporkan Perdana Menteri Modi akan mengambil sumpah jabatan pada 30 Mei pukul 19.00 waktu setempat. Modi, pada Sabtu lalu, kembali ditunjuk sebagai Perdana Menteri untuk periode kedua oleh Presiden Ram Nath Kovind.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif