Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Listiana Operananta, di kantor Pemprov Jateng, Semarang, Rabu 28 Agustus 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Listiana Operananta, di kantor Pemprov Jateng, Semarang, Rabu 28 Agustus 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Kemenlu RI Ajak Pelajar Jadi Diplomat di DiploFest Semarang

Internasional kemenlu diplomasi luar negeri
Marcheilla Ariesta • 28 Agustus 2019 16:01
Semarang: Kementerian Luar Negeri Indonesia kembali mengadakan Diplomasi Festival (DiploFest) di Semarang, Jawa Tengah. Ini merupakan kegiatan DiploFest pamungkas pada 2019.
 
Kegiatan DiploFest di Semarang akan dilakukan pada 29-30 Agustus 2019. Sama seperti kegiatan DiploFest sebelumnya, acara akan dimulai dengan kuliah umum.
 
"Jadi ada kegiatan public lecturer atau kuliah umum yang kita lakukan di beberapa universitas di Semarang dan Salatiga. Kuliah umum ini akan dilakukan pada 29 Agustus 2019," kata Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Listiana Operananta, di kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Rabu 28 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada enam universitas yang akan menjadi lokasi kuliah umum dalam kegiatan DiploFest Semarang. Enam universitas tersebut adalah Universitas Wahid Hasyim, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Negeri Semarang, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Muhammadiyah Semarang, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
 
Kuliah umum ini mengambil tema berbeda untuk setiap universitas. Namun, secara umum membahas mengenai Diplomasi Ekonomi dan Peran Indonesia di Internasional.
 
Direktur Diplomasi Publik Azis Nurwahyudi mengharapkan partisipasi tinggi dari warga Semarang, baik dari level sekolah menengah maupun perguruan tinggi.
 
"DiploFest ini menjadi tempat untuk mencari tahu bagaimana cara kerja seorang diplomat, apa saja yang sudah dilakukan Indonesia di luar negeri, peran Indonesia," tuturnya.
 
Kemenlu RI Ajak Pelajar Jadi Diplomat di DiploFest Semarang
Diplofest adalah kesempatan merasakan menjadi diplomat. (Foto: Medcom.id)
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga akan mengisi kuliah umum di Universitas Diponegoro pada 30 Agustus mendatang. Setelah itu, Menlu Retno akan melakukan napak tilas ke SMA Negeri 3, tempatnya menempuh pendidikan dulu.
 
Kegiatan DiploFest akan dilanjutkan dengan pembukaan booth-booth mengenai pendidikan luar negeri, kegiatan diplomasi, dan lain sebagainya. Akan ada pula simulasi sidang di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), simulasi keprotokoleran, talkshow mengenai diplomasi, dan lain sebagainya.
 
Diplofest digelar di Lapangan Simpang Lima, Semarang dan terbuka untuk umum. Namun, calon peserta harus terlebih dahulu mendaftar di bit.ly/DiplofestSemarang. Pendaftaran tidak dipungut biaya.
 
"Saya mengajak pelajar di Semarang yang penasaran dengan cara kerja diplomat, yang ingin merasakan menjadi diplomat, ke DiploFest Semarang yang akan dilaksanakan di Lapangan Simpang Lima. Terbuka untuk umum dan gratis," seru Azis.
 
Pada 2018, DiploFest digelar di Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. Sedangkan pada 2019, kegiatan ini dimulai di Padang, Makassar dan terakhir di Semarang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif