Dubes RI Luapkan Kekecewaan Kasus Siti Aisyah Dilanjutkan
Siti Aisyah dituduh membunuh Kim Jong-Nam (Foto: AFP).
Kuala Lumpur: Sidang putusan sela Siti Aisyah, terdakwa kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-nam, telah dilakukan. Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana mengatakan sidangnya akan dilanjutkan.
 
Baca juga: Kasus Dilanjutkan, Siti Aisyah Diminta untuk Siapkan Pembelaan.
 
"Karena bukti dan saksi dianggap mencukupi, sehingga sidangnya dilanjutkan," kata Rusdi kepada Medcom.id, lewat sambungan telepon, Kamis 16 Agustus 2018.
 
Rusdi mengaku merasa sedih dan kecewa atas putusan tersebut. Namun, Indonesia akan tetap menghormati jalannya sidang yang dilakukan.
 
Dia mengatakan sejak awal sudah menunjuk pengacara dan di bawah koordinasi Kementerian Luar Negeri di Jakarta sudah membentuk tim asistensi untuk mengawal kasus tersebut.
 
"Untuk selanjutnya, dengan segala upaya kita, termasuk ressources, sumber daya manusia, kita akan mendampingi Ibu Siti Aisyah ini," tukasnya.
 
Pada Februari 2017, Siti Aisyah dan seorang lainnya dari Vietnam Doan Thi Huong dituding melakukan pembunuhan Jong-nam, 45, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, menggunakan agen saraf yang mematikan VX.
 
Baca juga: Siti Aisyah Diyakini Bebas dari Hukuman Mati.
 
Siti Aisyah, 26, dan Doan, 29, didakwa dengan empat orang lainnya yang menjadi otak atas pembunuhan ini masih bebas. Mereka melakukan tindakan itu di tempat keberangkatan KLIA2 pada 13 Februari 2017 pada puku 9.00 pagi.
 
Berdasarkan Pasal 302 KUHP, tindakan yang dilakukan Siti Aisyah bisa diancam hukuman mati. Selama tujuh bulan persidangan sebanyak 34 saksi memberikan keterangan.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id