PM Jepang Yoshihide Suga umumkan keadaan darurat covid-19 di Tokyo. Foto: AFP.
PM Jepang Yoshihide Suga umumkan keadaan darurat covid-19 di Tokyo. Foto: AFP.

PM Jepang Deklarasikan Keadaan Darurat untuk Tokyo

Internasional jepang covid-19
Marcheilla Ariesta • 07 Januari 2021 17:56
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mendeklarasikan darurat negara untuk Tokyo dan tiga wilayah prefektur lainnya pada Kamis, 7 Januari 2021. Langkah ini diambil setelah kasus infeksi virus korona (covid-19) di negara itu terus meningkat.
 
"Keadaan darurat negara akan mulai berlaku pada Jumat, 8 Januari hingga 7 Februari mendatang," katanya dalam pertemuan satuan tugas pemerintah mengenai penanggulangan covid-19.
 
Dilansir dari Channel News Asia, proposal untuk deklarasi darurat sudah disetujui dalam pertemuan pagi ini. Pembatasannya berpusat pada langkah-langkah untuk memerangi penularan di bar dan restoran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Rabu kemarin, angka infeksi baru di Jepang mencapai lebih dari 6 ribu kasus. Angka tersebut tercatat pertama kalinya sejak awal pandemi tahun lalu.
 
Sementara itu, Tokyo mengumumkan 2.447 kasus baru covid-19 pada hari ini. Angka ini diketahui naik dari angka infeksi kemarin.
 
'Pengekangan' harus dirasakan oleh warga di Tokyo dan prefektur Saitama, Kanagawa, serta Chiba. Keempat wilayah ini jika di total sama dengan 30 persen dari populasi di negara tersebut.
 
Dalam pembatasan kali ini, pemerintah meminta restoran dan bar untuk tutup pada jam 20.00. Mereka juga meminta penduduk untuk menahan diri menghadiri acara yang tidak mendesak.
 
Tetapi para ahli medis mengatakan mereka khawatir rencana pemerintah mungkin tidak memadai. Terlebih dengan kasus-kasus baru mencapai titik tertinggi di seluruh negeri.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif