Masyarakat Jepang memakai masker saat beraktivitas di Tokyo. (AFP)
Masyarakat Jepang memakai masker saat beraktivitas di Tokyo. (AFP)

Jepang akan Perluas Zona Status Darurat Covid-19

Internasional Virus Korona jepang covid-19 pandemi covid-19 Yoshihide Suga
Willy Haryono • 12 Januari 2021 13:00
Tokyo: Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga berencana memperluas wilayah cakupan status darurat virus korona (covid-19) hingga ke luar wilayah ibu kota Tokyo pada Selasa, 12 Januari 2021. Nantinya, status darurat covid-19 juga akan berlaku di prefektur Osaka, Kyoto, dan Hyogo.
 
Merespons tekanan dari otoritas Tokyo dan tiga prefektur di sekitarnya, PM Suga pekan kemarin mendeklarasikan status darurat selama satu bulan hingga 7 Februari mendatang.
 
Namun angka kasus covid-19 terus melonjak di wilayah barat Jepang, dan membuat otoritas Osaka, Kyoto, dan Hyogo meminta PM Suga untuk memperluas status darurat. Pemerintahan Jepang dijadwalkan mendeklarasikan perluasan ini pada Rabu besok, dengan mempertimbangkan dua prefektur lainnya, Aichi dan Gifu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika lima prefektur tersebut jadi dimasukkan oleh PM Suga, maka status darurat covid-19 akan berimbas pada separuh dari 126 juta total populasi di Jepang.
 
Dilansir dari laman Gulf Today, juru bicara pemerintahan Jepang, Kepala Kabinet Katsunobu Kato, belum mengonfirmasi laporan mengenai perluasan ini. Ia hanya mengatakan bahwa pemerintahan PM Suga saat ini sedang mempertimbangkan langkah-langkah pembatasan untuk Osaka.
 
Di bawah aturan di Jepang, seorang perdana menteri dalam mendeklarasikan status darurat, yang memberikan wewenang kepada otoritas lokal untuk meminta warga dan pemilik tempat usaha untuk membatasi aktivitas mereka.
 
Suga mendapat gelombang kritik atas penanganan covid-19 sejak dirinya mengambil alih posisi PM Jepang dari Shinzo Abe. Menurut sebuah survei oleh Kyodo News pada Minggu kemarin, sekitar 79 persen responden menilai PM Suga terlalu lambat dalam mendeklarasikan status darurat.
 
Baca:  PM Jepang Deklarasikan Keadaan Darurat untuk Tokyo
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif