Petugas mengevakuasi korban luka dari area gempa bumi di Sichuan, Tiongkok, 6 September 2022. (AFP)
Petugas mengevakuasi korban luka dari area gempa bumi di Sichuan, Tiongkok, 6 September 2022. (AFP)

Korban Tewas Gempa di Sichuan Tiongkok Jadi 65 Orang, Ratusan Terluka

Willy Haryono • 06 September 2022 13:57
Sichuan: Gempa bumi dahsyat yang memicu tanah longsor dan merusak banyak bangunan di provinsi Sichuan, Tiongkok sejak Senin kemarin telah menewaskan setidaknya 65 orang dan melukai ratusan lainnya per hari Selasa ini, 6 September 2022.
 
Dikutip dari laman Stuff.co.nz, media nasional Tiongkok melaporkan bahwa setidaknya 16 orang masih dinyatakan hilang usai guncangan berkekuatan magnitudo 6,8 di area pegunungan Luding, Sichuan, yang berada dekat wilayah otonom Tibet.
 
Kuatnya guncangan menggoyang sejumlah bangunan di Chengdu, ibu kota provinsi Siuchuan, di mana 21 juta orang sedang berada di bawah kebijakan penguncian (lockdown) Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aliran listrik ke Sichuan, termasuk kota sejarah Moxi, terputus usai gempa. Di sana, setidaknya 37 orang dinyatakan meninggal akibat terkena imbas gempa.
 
Menurut laporan media Xinhua, tenda-tenda darurat telah dibangun di Sichuan untuk sekitar 50.000 orang yang mengungsi dari rumah mereka masing-masing sejak Senin kemarin.
 
Saluran televisi CCTV memperlihatkan petugas penyelamat menarik seorang perempuan dari reruntuhan rumah di Moxi. Di kota tersebut, sebagian besar bangunan dibuat dari campuran kayu dan batu bata.
 
Sekitar 150 orang di Moxi dilaporkan mengalami luka-luka, mulai dari yang relatif ringan hingga berat.
 
Tambahan 28 orang dilaporkan tewas akibat imbas gempa di Shimian di pinggiran kota Ya'an. Ada laporan lain yang mencatat 248 korban luka dengan 12 lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Tiga dari total korban tewas merupakan pekerja di Hailougou, sebuah cagar alam dengan gletser di dalamnya.
 
Baca:  Tim Penyelamat Cari Ratusan Korban Hilang Gempa di Sichuan Tiongkok
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif