Duta Besar Inggris Owen Jenkins bahas soal perubahan iklim. Foto: Medcom.id/Marcheilla.
Duta Besar Inggris Owen Jenkins bahas soal perubahan iklim. Foto: Medcom.id/Marcheilla.

FPCI dan 3 Kedubes Umumkan Pemenang Kompetisi Video Perubahan Iklim

Internasional Inggris swedia perubahan iklim Italia
Marcheilla Ariesta • 10 September 2021 21:21
Jakarta: Perubahan iklim terasa begitu nyata saat ini. Bencana alam hingga perubahan suhu yang sangat ekstrem terjadi hampir di seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.
 
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengatakan banyak jalan menuju nol emisi. "Tapi sangat penting untuk mencapai target itu secara global secepat dan sesegera mungkin," kata Dubes Jenkins saat pengumuman pemenang Kompetisi Video FPCI #Indonesia4Climate di Jakarta, Jumat, 10 September 2021.
 
Bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kedubes Inggris, Swedia, dan Italia bekerja sama untuk memilih anak-anak muda yang mengutarakan perhatian mereka mengenai perubahan iklim dalam sebuah video.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jenkins mengatakan, melalui kompetisi tersebut, Inggris ingin mendorong kaum muda Indonesia untuk berpikir mengenai apa yang bisa mereka lakukan dengan masyarakat untuk menjaga lingkungan.
 
"Ada banyak cara melakukannya dan kami ingin memamerkan beberapa ide dan solusi kreatif yang ada di luar sana. Dan itu terlihat dari beberapa video pemenang hari ini," ucapnya.
 
Ia mencatat ada 218 video yang dikirimkan untuk lomba tersebut. Masing-masing video memperlihatkan ide luar biasa yang berbeda, mulai dari rantai makanan, masalah plastik, hingga daur ulang. 
 
Duta Besar Italia untuk Indonesia, Benedetto Latteri menuturkan, melalui kompetisi ini, terlihat anak muda Indonesia berkomitmen dan peduli terhadap negara dan perubahan iklim.
 
"Banyak dari mereka mengangkat isu-isu nasional. Mereka menunjukkan banyak jalan menuju nol emisi, membahas mengenai polusi plastik, pengelolaan limbah, polusi laut, dan masalah lainnya," kata dia.
 
Menurutnya, perubahan iklim adalah isu global dan sangat darurat. "Semakin cepat kita bertindak semakin baik," tuturnya.
 
Baca juga: FPCI Undang Presiden Jokowi Hadir di Global Citizen Live
 
Sementara itu, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg mengatakan perubahan iklim terjadi sangat cepat dan menakutkan. "Kita memiliki kesempatan dan memastikan bahwa kita bisa melakukan yang benar untuk lingkungan," serunya.
 
"Dan kita harus menjaga agar tetap berada di jalur menuju agenda 2030, dengan ekonomi hijau yang berkelanjutan dan inklusif," imbuh Dubes Berg.
 
Berikut adalah daftar tiga pemenang kompetisi video yang diselenggarakan FPCI bersama dengan Kedutaan Inggris, Italia dan Swedia:
 
1. Aulia Suwa - Lautan dan Rantai Makanan
2. Hendra Wijaya - Fesyen Berkelanjutan
3. Alwi Johan - Pahlawan Daur Ulang.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif