Serangan ikan hiu kerap terjadi di sejumlah pantai wisata di Australia. (Foto: AFP)
Serangan ikan hiu kerap terjadi di sejumlah pantai wisata di Australia. (Foto: AFP)

Peselancar Tewas Diserang Hiu di Gold Coast Australia

Internasional australia ikan hiu
Willy Haryono • 09 September 2020 12:03
Canberra: Seorang pria Australia tewas usai diserang seekor ikan hiu saat sedang berselancar di wilayah Gold Coast. Nick Slater, 46, mengalami luka parah di kedua kaki setelah diserang ikan hiu di pantai Greenmount.
 
Korban mengembuskan napas terakhir meski sempat mendapat pertolongan pertama di lokasi kejadian.
 
"Serangannya cukup parah. Petugas medis sudah berusaha semaksimal mungkin, namun berakhir gagal," ucap kepala penjaga pantai Warren Young, dilansir dari laman UPI, Selasa 8 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Semua pantai Gold Coast ditutup sementara hingga ada pemberitahuan lebih lanjut. Usai terjadinya serangan, helikopter melakukan penyisiran di sepanjang pantai untuk mencari hiu yang menyerang Slater.
 
Wali Kota Gold Coast Thomas Tate meminta warga untuk menjauhi pantai. Ia mengonfirmasi bahwa ini adalah serangan hiu berujung kematian manusia di Gold Coast sejak 1958.
 
"Tidak penting sebenarnya sudah berapa lama sejak serangan terakhir, karena peristiwa ini merupakan pukulan bagi komunitas Gold Coast," tutur Tate.
 
Peselancar Jade Parker menceritakan kembali serangan yang menimpa Slater. Ia mengatakan serangan terjadi saat sejumlah ikan kecil berenang di dekat tempat Slater berselancar.
 
"Saya melihat papan seluncurnya di air, dan jasad korban tepat di sampingnya," kata Parker. "Awalnya saya mengira dia hanya terjatuh dari papan, dan sama sekali tidak berpikir ke arah serangan hiu," sambung dia.
 
Parker menambahkan, ada sebuah bekas gigitan besar di papan selancar Slater usai terjadinya serangan.
 
Juli lalu, seorang remaja berusia 17 tahun tewas diserang ikan hiu saat berselancar di Australia. Itu merupakan serangan fatal kedua yang melibatkan hiu dalam sepanjang Juli di Negeri Kanguru, dan yang kelima sepanjang 2020.
 
Serangan sebelumnya di bulan Juli menimpa penyelam berusia 20 tahun. Ia tewas diserang hiu saat sedang menangkap ikan dengan metode spearfishing di Queensland.
 
Januari lalu, penyelam berusia 57 tahun tewas diserang hiu di lepas pantai negara bagian Western Australia. Sementara bulan lalu, penyelam berusia 60 tahun tewas diserang hiu di lepas pantai Kingscliff di New South Wales.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif