Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Republik Fiji Josaia Voreqe Bainimarama hadir di Bali dalam rangka FMM G20./Kemenlu RI
Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Republik Fiji Josaia Voreqe Bainimarama hadir di Bali dalam rangka FMM G20./Kemenlu RI

PM Fiji Hadir di Bali, Apresiasi Undangan RI untuk Negara Kepulauan di G20

Marcheilla Ariesta • 07 Juli 2022 23:08
Bali: Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Republik Fiji Josaia Voreqe Bainimarama hadir di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menlu G20. Fiji mengapresiasi undangan Indonesia untuk menghadiri pertemuan G20, sebagai wakil dari negara-negara kepulauan.
 
"Hal ini menunjukkan inklusivitas presidensi Indonesia dan keberpihakan terhadap kepentingan negara berkembang," kata Kementerian Luar Negeri RI dalam pernyataannya, Kamis, 7 Juli 2022.
 
"Fiji juga mengapresiasi peran aktif Indonesia dalam berbagai isu global, seperti penanganan pandemi Covid-19, dan upaya menghentikan perang," lanjut mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Korsel Dukung Presidensi G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN
 
?Dalam pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi, Fiji mengapresiasi bantuan teknis Indonesia. Bantuan yang diberikan antara lain dalam bentuk pembangunan salah satu sekolah di Fiji, dan pelatihan teknik sipil, dalam kerangka pengembangan sumber daya manusia.
 
Dalam pertemuan telah dibahas juga secara khusus komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dalam penanganan perubahan iklim dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kedua Menlu juga menyampaikan harapan agar dapat segera diselesaikannya pembahasan Perjanjian Dagang Bebas Indonesia-Fiji.
 
"PM Bainimarama kembali menegaskan penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Indonesia," pungkas Kemenlu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif