Mantan PM Pakistan Imran Khan beristirahat dengan kaki terbalut perban di Lahore, 4 November 2022. (Arif ALI / AFP)
Mantan PM Pakistan Imran Khan beristirahat dengan kaki terbalut perban di Lahore, 4 November 2022. (Arif ALI / AFP)

Ditembak Senjata Api, Imran Khan Desak PM Pakistan Mengundurkan Diri

Willy Haryono • 05 November 2022 13:05
Islamabad: Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berada dalam kondisi stabil pada Jumat, 4 November 2022, setelah ditembak dan terluka dalam aksi unjuk rasa sehari sebelumnya.
 
Khan berbicara kepada wartawan pada Jumat malam, pernyataan publik pertama sejak penembakan itu. Ia bertekad akan melanjutkan aksi protesnya setelah sembuh nanti.
 
Sebuah peluru tajam mengenainya kaki kanan Imran Khan, tepatnya di atas pergelangan kaki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pawai dan unjuk rasa protes yang digerakkan Khan, dimulai sejak Jumat pekan kemarin, berlangsung damai hingga terjadinya serangan pada Kamis lalu di Wazirabad, sebuah distrik di provinsi Punjab timur.
 
Duduk di kursi roda, kaki kanan Imran Khan dibalut dan posisinya ditinggikan di sebuah bangku. Khan berbicara dari rumah sakit Shaukat Khanum, tempat dia menjalani operasi pada Kamis malam.
 
"(Aksi protes) harus menunggu sampai saya sedikit lebih bisa bergerak," katanya kepada wartawan, dikutip dari laman Al Arabiya News, Sabtu, 5 November 2022.
 
Khan menuduh Perdana Menteri Shehbaz Sharif, Menteri Dalam Negeri Rana Sanaullah Khan dan Jenderal militer Faisal Naseer yang bekerja untuk badan mata-mata Inter-Services Intelligence, berada di balik penembakan di Wazirabad.
 
Khan tidak memberikan bukti atas tuduhannya itu. Pemerintahan Sharif membantah keras tudingan tersebut, termasuk Menteri Informasi Maryam Aurangzeb yang menganggapnya hanya sebagai "sejumlah kebohongan" Khan.
 
Agensi mata-mata Pakistan juga menegaskan bahwa sama sekali tidak ada kebenaran dari tuduhan Khan.
 
Pemerintah Pakistan mengaku telah memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi atas penembakan yang menimpa Khan.
 
Pelaku penembakan, yang ditangkap di lokasi serangan, masih diinterogasi hingga Jumat kemarin.
 
Satu hari sebelumnya, polisi setempat merilis sebuah video yang menunjukkan pelaku penembakan bertindak seorang sendiri.
 
Khan, mantan bintang kriket yang menjadi politikus, saat ini sedang melakukan perjalanan unjuk rasa dalam konvoi besar truk dan mobil menuju Islamabad. Serangan terjadi di tengah perjalanan menuju ibu kota.
 
Rekaman video pada Kamis kemarin menunjukkan Khan dan timnya mencari perlindungan saat terdengar suara tembakan.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif