Han Duck-soo pernah menjadi perdana menteri Korea Selatan pada 2007-2008. (STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)
Han Duck-soo pernah menjadi perdana menteri Korea Selatan pada 2007-2008. (STEPHANE DE SAKUTIN / AFP)

Presiden Yoon Resmi Tunjuk Han Duck-soo sebagai PM Korea Selatan

Willy Haryono • 21 Mei 2022 13:03
Seoul: Presiden Yoon Suk-yeol secara resmi menunjuk Han Duck-soo sebagai Perdana Menteri Korea Selatan pada Sabtu, 21 Mei 2022. Penunjukan dilakukan usai Majelis Nasional Korsel yang dikendalikan kubu oposisi mengonfirmasi Han sebagai PM Korsel pada Jumat kemarin.
 
Sebelumnya, dua kubu berseteru di Majeis Nasional Korsel selama hampir 50 hari mengenai kelayakan Han sebagai perdana menteri.
 
Dikutip dari The Korea Herald, Yoon memberikan sertifikat penunjukan kepada Han di istana kepresidenan di Seoul pada Sabtu pagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Han kini menduduki posisi tertinggi setelah presiden di pemerintahan Korsel untuk kali kedua. Pria 72 tahun itu sebelumnya pernah menjadi PM Korsel selama pemerintahan tokoh liberal Roh Moo-hyun di periode 2007 hingga 2008.
 
Dalam sidang konfirmasinya, Han mengatakan menstabilkan ekonomi bagi masyarakat biasa Korsel merupakan prioritas utamanya.
 
Penunjukan Han diharapkan dapat memberikan momentum yang diperlukan pemerintahan Yoon dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 dan ketegangan di Semenanjung Korea terkait provokasi Korea Utara.
 
Sementara itu Han, bersama beberapa ajudan presiden lain, berencana menghadiri sebuah acara memorial mantan presiden Roh Moo-hyun yang akan berlangsung di kota Bonghwa pada Senin mendatang.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif