Presiden Korsel Moon Jae-in. (AFP)
Presiden Korsel Moon Jae-in. (AFP)

Ekspektasi Besar Korsel terhadap AS di Bawah Joe Biden

Internasional korea utara korea selatan joe biden Pilpres AS 2020 Kamala Harris
Willy Haryono • 09 November 2020 10:45
Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengucapkan selamat kepada Joe Biden yang terpilih sebagai presiden Amerika Serikat, dengan Kamala Harris sebagai wakil presidennya. Dalam ucapan selamatnya, Moon menyuarakan "harapan besar" bagi hubungan AS-Korsel di masa mendatang.
 
"Aliansi kita kuat, dan hubungan antar kedua negara juga sekuat batu," tulis Moon di Twitter.
 
"Saya berharap dapat bekerja bersama Anda. Saya juga menaruh harapan besar untuk dapat memperkuat dan membuka peluang pengembangan hubungan bilateral kita di masa mendatang," sambungnya, dikutip dari laman The Straits Times pada Senin, 9 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Katchi Kapshida!" sebut Moon, yang merupakan ungkapan Korea untuk "mari kita maju bersama." Ungkapan tersebut juga pernah disampaikan Biden dalam wawancaranya dengan kantor berita Yonhap menjelang pilpres AS 2020.
 
Sebelumnya, Biden pernah berjanji bahwa dirinya akan selalu berada di belakang Korea Selatan dan "memperkuat aliansi demi menjaga perdamaian di Asia Timur dan wilayah lainnya."
 
Biden juga bertekad akan bekerja bersama Korsel untuk mendorong denuklirisasi Korea Utara dan menyatukan Semenanjung Korea.
 
Kemenangan Biden diyakini dapat memulihkan keseimbangan dalam aliansi Seoul-Washington, yang cenderung merenggang dalam beberapa tahun terakhir.
 
Ucapan selamat juga telah disampaikan sejumlah pemimpin lainnya di Asia, seperti Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, PM India Narendra Modi, PM Malaysia Muhyiddin Yassin dan juga Presiden Joko Widodo.
 
Baca:  Jokowi Ucapkan Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif