Bentrokan di Kashmir tewaskan 11 orang. Foto: AFP.
Bentrokan di Kashmir tewaskan 11 orang. Foto: AFP.

Bentrok Pecah di Kashmir, 11 Orang Tewas

Internasional konflik india-pakistan konflik kashmir
Marcheilla Ariesta • 13 November 2020 20:59
Kashmir: Pasukan India dan Pakistan kembali bentrok di wilayah Kashmir yang disengketakan. Sebanyak 11 orang tewas, termasuk 3 tentara India, dan melukai lebih dari 30 lainnya di kedua sisi.
 
Dalam sebuah pernyataan, pejabat militer dan pemerintah Pakistan menyalahkan India yang memulai pertempuran. Menurut mereka, India menembakkan rokte dan mortir yang menewaskan lima warga sipil Pakistan dan melukai 27 orang lainnya kemarin dan hari ini, Jumat, 13 November 2020.
 
Insiden ini disebut sebagai pelanggaran gencatan senjata terbaru yang tidak beralasan oleh India. Mereka mengatakan pasukan Pakistan menanggapi serangan dengan menargetkan pos-pos India.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pejabat pemerintah di Kashmir Pakistan, Raja Shahid Mahmood menyebutkan beberapa rumah rusak akibat insiden ini.
 
"Warga berlarian untuk berlindung dalam kepanikan, dan India dengan sengaja menargetkan penduduk sipil," katanya dilansir dari Channel News Asia.
 
Ia menambahkan para penduduk desa bersembunyi di bunker komunitas dan baku tembak terjadi di sana. Sementara itu, seorang pemilik toko di desa perbatasan, Mohammad Shabir mengatakan pejabat telah menutup pasar utama setelah India menargetkan desa itu dengan roket.
 
Di Srinagar, ibu kota Kashmir yang dikuasai New Delhi, militer India mengatakan tiga tentara mereka tewas dan tiga lainnya terluka. Menurut petugas polisi Mohammed Ashraf, tiga warga sipil India, termasuk seorang perempuan juga terbunuh karena baku tembak oleh Pakistan.
 
Ashraf menambahkan seorang warga sipil terluka dan dalam kondisi kritis. "Dua rumah juga rusak dalam penembakan," imbuhnya.
 
Saling menyalahkan selalu terjadi jika bentrokan pecah di Kashmir. Pakistan telah memanggil diplomat India untuk memprotes yang mereka sebut pelanggaran India terhadap gencatan senjata pada 2003.
 
Pakistan dan India telah berperang memperebutkan Kashmir setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1947. Ketegangan kedua negara kembali melonjak pada Februari 2019, ketika Pakistan menembak jatuh pesawat perang India di Kashmir.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif