Salah satu serpihan pesawat maskapai China Eastern Airlines yang jatuh di Wuzhou, Tiongkok, 21 Maret 2022. (STR / AFP)
Salah satu serpihan pesawat maskapai China Eastern Airlines yang jatuh di Wuzhou, Tiongkok, 21 Maret 2022. (STR / AFP)

Tak Ada Warga Asing di Pesawat China Eastern yang Jatuh

Marcheilla Ariesta • 22 Maret 2022 13:46
Guangxi: Maskapai China Eastern Airlines memastikan tidak ada warga asing yang menjadi penumpang di pesawat MU5735 yang jatuh. Pesawat itu membawa 132 penumpang, termasuk sembilan awak kabin
 
"Tidak ada warga asing dalam pesawat itu," bunyi laporan stasiun televisi negara Tiongkok, CCTV, yang dikutip dari Malay Mail, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Pihak maskapai telah mengirim tim untuk membantu evakuasi, penyelamatan, hingga penyelidikan kecelakaan pesawat terburuk sejak 2010 itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Tiongkok, Xi Jinping, meminta pihak berwenang untuk segera mengusut penyebab jatuhnya pesawat.
 
Sejauh ini, pihak berwenang memastikan tidak ada tanda-tanda korban selamat dalam insiden itu. Meski begitu, belum ada keterangan resmi mengenai jumlah pasti korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.
 
Presiden Xi mengaku terkejut mendengar kecelakaan itu dan memerintahkan upaya pencarian dan penyelamatan secara maksimal terkait insiden ini.
 
Baca:  Jatuh, Pesawat China Eastern Dilaporkan Berusia 6 Tahun
 
"Presiden Xi memerintahkan tindakan cepat diambil untuk mengidentifikasi penyebab kecelakaan dan memperkuat perbaikan fitur keselamatan sektor penerbangan sipil demi memastikan keamanan mutlak penerbangan dan keselamatan masyarakat," bunyi laporan Xinhua mengutip pernyataan Xi.
 
Selain Xi, Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, juga mendesak agar ada upaya menenangkan dan memberi bantuan yang dibutuhkan setiap keluarga para korban pesawat jatuh. Li meminta agar tim melakukan penyelidikan serius, mengambil tindakan tegas untuk memperkuat sistem keamanan, dan merilis informasi akurat di waktu yang tepat.
 
Menurut Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) pesawat China Eastern kehilangan kontak di kota Wuzhou, Guanxi pada Senin kemarin. Seharusnya pesawat yang baru beroperasi selama 6 tahun itu mendarat di Guangzhou pada pukul 15.05 waktu setempat.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif