Tiongkok menentang pembicaraan ekonomi antara Taiwan dan Amerika Serikat. Foto: AFP
Tiongkok menentang pembicaraan ekonomi antara Taiwan dan Amerika Serikat. Foto: AFP

Tiongkok Menentang Pembicaraan Perdagangan Baru AS dan Taiwan

Medcom • 19 Agustus 2022 20:09
Beijing: Tiongkok dengan tegas menentang pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat (AS) dan Taiwan. Beijing menegaskan akan mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan secara jelas.
 
Taiwan dan Amerika Serikat dikabarkan akan memulai pembicaraan perdagangan di bawah inisiatif baru.
 
“Kebijakan ‘Satu Tiongkok’ merupakan persyaratan untuk partisipasi Taiwan dalam kerja sama ekonomi dengan negara-negara asing,” ujar Shu Jue-ting, juru bicara Kementerian Perdagangan Tiongkok dalam konferensi pers, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 19 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada hari Kamis, Kementerian Luar Negeri Tiongkok juga mengatakan bahwa negaranya akan mengambil tindakan tegas untuk mempertahankan integritas wilayahnya dan mendesak Amerika Serikat untuk tidak mengambil tindakan yang salah.
 
Taiwan dan Amerika Serikat sepakat untuk memulai pembicaraan perdagangan di bawah inisiatif baru, dengan menyatakan bahwa mereka ingin mencapai kesepakatan dengan “hasil yang berarti secara ekonomis,” – sebagai tanda lain dari peningkatan dukungan AS kepada negara tersebut.
 
Kantor Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat mengatakan bahwa kedua belah pihak telah “mencapai konsensus dalam mandat negosiasi” dan diharapkan pembicaraan pertama akan berlangsung pada awal musim gugur ini.
 
“Kami berencana untuk mengejar jadwal secara cepat untuk mencapai komitmen berstandar tinggi dan hasil yang berarti dalam mencakup sebelas bidang perdagangan dalam mandat negosiasi yang akan membantu membangun ekonomi pada abad ke-21 yang lebih adil, sejahterah, dan tangguh,” pungkas Deputi Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat, Sarah Bianchi. (Gracia Anggellica)
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif