Dubes RI untuk Korsel Gandhi Sulistiyanto dan Wakil Presiden Garuda Indonesia Bidang Kawasan Internasional, Dian Ediono dalam peresmian kembali penerbangan langsung Seoul-Bali./KBRI Seoul
Dubes RI untuk Korsel Gandhi Sulistiyanto dan Wakil Presiden Garuda Indonesia Bidang Kawasan Internasional, Dian Ediono dalam peresmian kembali penerbangan langsung Seoul-Bali./KBRI Seoul

Nambah Turis! RI Buka Kembali Penerbangan Langsung Seoul-Bali

Marcheilla Ariesta • 05 Desember 2022 06:43
Seoul: Indonesia kembali membuka penerbangan rute Seoul-Bali pada Minggu, 4 Desember 2022. Pembukaan kembali ini bertujuan untuk memudahkan warga Korea Selatan (Korsel) berlibur ke Indonesia, utamanya Bali.
 
"Di bulan Desember, warga Korea Selatan dan negara-negara di kawasan Utara akan berlibur akhir tahun. Untuk itu, kami menyambut baik penerbangan kembali dari Seoul ke Bali oleh Garuda Indonesia yang akan membuka pintu guna semakin meningkatnya wisatawan dari Korsel yang berkunjung ke Indonesia," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto, saat meresmikan pembukaan kembali rute Seoul – Bali.
 
Dalam siaran pers KBRI Seoul, Sulis mengatakan, di 2023 Indonesia dan Korea Selatan akan memperingati 50 Tahun Hubungan Diplomatik. KBRI Seoul akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan yang menandai hubungan diplomatik yang erat antara kedua negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penerbangan langsung dari Incheon ke Denpasar semakin memperkuat hubungan bilateral. Sementara, di tingkat kawasan, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN dan MIKTA - Meksiko, Indonesia, Korea, Turki dan Australia.
 
Wakil Presiden Garuda Indonesia Bidang Kawasan Internasional, Dian Ediono menyampaikan, Garuda Indonesia akan melayani rute Incheon-Denpasar dua kali sepekan di hari Minggu dan Senin. Pesawat A 330-300 dengan kapasitas 251 penumpang terdiri dari 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi.
 
Penerbangan pertama dari Seoul ke Denpasar akan lepas landas dengan GA817 jam 11.35 waktu setempat dan tiba jam 17.50 WITA di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Sementara penerbangan dari Bali ke Seoul akan bertolak jam 01.25 WITA dan tiba jam 09.15 waktu Korea.
 
Pengguntingan pita yang menandai pembukaan kembali dilakukan oleh Duta Besar RI di Seoul dan Ibu Susi Sulistiyanto bersama Wakil Presiden Garuda Indonesia Bidang Kawasan Internasional dan General Manager Garuda Indonesia Kantor Seoul. Tampak antusiasme dari warga Korea dan asing yang akan bertolak ke Bali dengan maskapai Garuda.
 
Pada periode Januari sampai Juli 2022, 1,2 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia, dan sebagian besar mengunjungi Bali. Penerbangan Garuda rute Seoul-Bali merupakan salah satu upaya untuk mendorong pemulihan pariwisata Tanah Air.
 
Selama hampir 2 dekade terakhir, Indonesia khususnya Bali senantiasa menjadi salah satu destinasi favorit warga Korea. Untuk pasangan yang baru menikah, Bali merupakan lokasi honeymooners yang sangat ternama. Hal ini dikarenakan Bali pernah dijadikan lokasi drama Korea yang mengulas pernikahan.
 
Baca juga: Ekraf Diperkuat, Sandiaga Berharap Indonesia Menyusul Korea
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif