Dua ekor beruang jenis grizzly bear. (AFP)
Dua ekor beruang jenis grizzly bear. (AFP)

Staf Kebun Binatang Tewas Diserang Beruang di Hadapan Pengunjung

Internasional kebun binatang beruang tiongkok
Willy Haryono • 19 Oktober 2020 17:31
Shanghai: Seorang staf di sebuah kebun binatang di Shanghai, Tiongkok, tewas diserang beruang di hadapan sejumlah turis yang sedang menaiki bus. Kecelakaan di Shanghai Wildlife Park itu terjadi pada akhir pekan, tepatnya di "zona hewan liar" kebun binatang tersebut.
 
Sebuah video yang beredar di media sosial memperlihatkan sekelompk wisatawan berteriak histeris saat melihat beberapa beruang menyerang seorang korban. Pihak kebun binatang telah mengungkapkan belasungkawa kepada keluarga korban, dan berjanji akan meningkatkan faktor keamanan serta keselamatan bagi jajaran staf dan juga pengunjung.
 
"Kami sangat sedih atas tragedi yang telah terjadi. Kami juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan turis," ujar manajemen Shanghai Wildlife Park, dilansir dari laman BBC pada Senin, 19 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak kebun binatang mengaku sedang menginvestigasi kecelakaan ini, dan berjanji akan "melakukan yang terbaik" di bidang manajemen keselamatan.
 
Sejak terjadinya penyerangan berujung kematian, zona hewan liar Shanghai Wildlife Park ditutup sementara. Pengunjung yang sudah membeli tiket diperbolehkan untuk menukarkannya kembali dengan uang pembelian.
 
Area hewan buas di Shanghai Wildlife Park hanya dapat diakses dengan menggunakan bus. Dalam video terdengar beberapa turis berkata, "ada orang di sana," dan "apa yang sedang terjadi?"
 
Video tersebut langsung viral di media sosial Tiongkok, yang langsung memicu perdebatan mengenai nasib kebun binatang tersebut. Sebagian warganet mengatakan kawanan beruang itu hanya bertindak layaknya hewan di alam liar, dan mengusulkan bahwa solusi permanennya adalah menutup kebun binatang dan melepaskan semua satwa ke habitat masing-masing.
 
Sebagian warganet mengecam Shanghai Wildlife Park yang dinilai abai dalam menjalankan protokol keselamatan. Terdapat pula sebagian warganet yang bersimpati kepada para turis yang diyakini mengalami "trauma berat" atas insiden tersebut.
 
Pada 2017, seorang pria digigit seekor beruang di sebuah kebun binatang di Tiongkok, usai dirinya mengabaikan peringatan dan menurunkan kaca jendela untuk memberi makan hewan.
 
Baca:Penjaga Kebun Binatang Tewas Diserang Harimau Siberia
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif