Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)
Ilustrasi (Foto:Medcom.id/M Rizal)

Paus Pilot yang Mati di Australia Bertambah Jadi 380 Ekor

Internasional australia
Marcheilla Ariesta • 23 September 2020 17:18
Hobart: Sebanyak 470 paus pilot terdampar di Australia selatan. Namun, dari jumlah tersebut dilaporkan 380 paus telah mati.
 
Paus bersirip panjang itu terjebak di Pelabuhan Macquarie di pantai barat Tasmania yang berbatu. Petugas penyelamat berhasil membebaskan sisa paus yang selamat.
 
"Kami mendapat hitungan yang lebih akurat, dan memastikan bahwa 380 paus telah mati," kata Manajer Taman dan Satwa Liar Tasmania, Nic Deka, dilansir dari Bangkok Post, Rabu, 23 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada sekitar 30 ekor masih hidup, tapi kabar baiknya, kami telah berhasil menyelamatkan total 50 ekor," imbuhnya.
 
Mamalia raksasa itu pertama kali ditemukan pada Senin lalu. Penemuan para paus yang terdampar memicu upaya besar untuk membebaskan mereka dari gundukan pasir yang hanya dapat diakses dengan perahu.
 
Ini adalah terdampar massal terbesar yang pernah tercatat di Tasmania, sebuah negara pulau di lepas pantai selatan daratan Australia. Penemuan ini dilaporkan yang terbesar dalam sejarah negara itu.
 
Kru penyelamat terdiri dari 60 konservasionis, relawan terampil, dan pekerja budidaya ikan setempat. Mereka memusatkan upaya pada sekelompok paus yang sebagian terendam di air.
 
"Paus-paus ini terlihat dalam kondisi yang memprihatinkan," kata Nic Deka.
 
Pada 1996, 320 paus pilot (pilot whale) terdampar di pesisir Australia Barat. Kala itu, terdamparnya 320 paus disebut sebagai yang terbesar di Negeri Kanguru.
 
Sekitar 600 paus pilot terdampar di Selandia Baru pada 2017. Paus pilot adalah spesies lumba-lumba laut yang dapat tumbuh hingga sepanjang 7 meter dengan berat 3 ton.
 
(WAH)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif