Hisham al-Hashemi. (Foto: AFP/File)
Hisham al-Hashemi. (Foto: AFP/File)

Pakar Irak untuk Urusan ISIS Tewas Ditembak

Internasional irak isis
Willy Haryono • 07 Juli 2020 09:40
Baghdad: Seorang pakar asal Irak yang mengurusi berbagai isu seputar Islamic State (ISIS) dan grup militan lainnya ditembak mati di Baghdad, Senin 6 Juli. Ia ditembak setelah sempat menerima sejumlah ancaman dari sekelompok milisi.
 
Hisham al-Hashemi, 47, ditembak orang tak dikenal di dekat rumahnya di Zeyouneh, Baghdad. Ia kemudian dinyatakan meninggal setelah sempat dilarikan ke rumah sakit.
 
"Iya, beliau meninggal dunia dan jasadnya saat ini sedang berada di ruang penyimpanan rumah sakit," kata Saad Maan, kepala urusan media dari Kementerian Dalam Negeri Irak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang sumber medis mengonfirmasi kepada media AFP bahwa Hashemi menderita "luka tembak di beberapa bagian tubuhnya."
 
Tim investigator menceritakan bahwa penembakan terjadi saat Hashemi keluar rumah dan hendak memasuki mobilnya. Ia ditembaki tiga pria bersenjata yang mengendarai dua sepeda motor.
 
Hashemi terluka dan sempat bersembunyi di balik mobilnya. Namun para pelaku mendekat dan melepaskan empat tembakan ke arah kepala korban.
 
Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Hashemi.
 
Namun beberapa pekan sebelum kematiannya, Hashemi mengatakan kepada lingkaran dekatnya bahwa ia merasa sedang diintai sekelompok milisi yang didukung Iran. Beberapa sahabat menyarankan Hashemi untuk segera melarikan diri ke Irbil, sebuah kota semi-otonom di wilayah barat Irak.
 
Kematian Hashemi terjadi saat Pemerintah Irak tengah menangani gelombang serangan roket yang ditujukan kepada pasukan Amerika Serikat di Baghdad.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif