Perdana Menteri terpilih Selandia Baru Chris Hipkins berbicara di Wellington, 22 Januari 2023. (Marty MELVILLE / AFP)
Perdana Menteri terpilih Selandia Baru Chris Hipkins berbicara di Wellington, 22 Januari 2023. (Marty MELVILLE / AFP)

Ancaman Resesi, PM Selandia Baru Chris Hipkins Fokus di Kebijakan Ekonomi

Medcom • 23 Januari 2023 17:22
Wellington: Perdana Menteri terpilih Selandia Baru, Chris Hipkins, akan memprioritaskan perbaikan kebijakan ekonomi dalam mengantisipasi ancaman resesi tahun ini. Jika diperlukan, ia juga berencana mengganti beberapa kebijakan pendahulunya, Jacinda Ardern.
 
"Sebagai perdana menteri, saya akan memimpin tim yang fokus bekerja keras untuk memperbaiki masalah besar yang dihadapi banyak keluarga dan dunia bisnis," kata Hipkins dalam konferensi pers di Wellington.
 
"Saya tahu bahwa beberapa warga Selandia Baru merasa bahwa kami melakukan terlalu banyak hal terlalu cepat, dan saya telah mendengar pesan itu," ucapnya, seperti dikutip dari Miami Herald, Minggu, 22 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai pemimpin baru, Hipkins memiliki kewenangan untuk menarik kembali sejumlah kebijakan Partai Buruh yang kurang populer demi meraih kembali dukungan masyarakat.
 
Dalam konferensi pers besar pertamanya, pria yang akrab disapa Chippy itu menekankan kredensialnya sebagai "warga Selandia Baru yang rendah hati" dan terhubung dengan masyarakat.
 
"Saya tahu bahwa orang-orang khawatir tentang tagihan dan cicilan mereka. Saya ingin mereka tahu bahwa kami ada di pihak mereka," kata Hipkins.
 
Ia mengaku siap menjadi sosok pemimpin dalam menjalankan seluruh program pemerintah. Namun, ia enggan memaparkan detail dari program-program di masa mendatang.
 
"Dalam sepekan ke depan, kabinet akan membuat keputusan untuk mengekang beberapa program dan proyek yang tidak penting saat ini," katanya. 
 
"Kami akan fokus pada warga Selandia Baru yang berpenghasilan menengah ke bawah," tambah Hipkins.
 
Dalam pidatonya, ia juga menyebut bahwa Jacinda Ardern merupakan salah satu perdana menteri Selandia Baru yang hebat dan menginspirasi banyak orang.
 
"Jacinda telah memberikan kepemimpinan menginspirasi melalui suksesi cepat dari tantangan terbesar yang dihadapi negara kita. Ia menyuarakan orang-orang yang sering diabaikan di momen penuh tantangan," pungkasnya. (Jessica Gracia)
 
Baca juga:  Lima Momen Penting Jacinda Ardern Sebagai PM Selandia Baru
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif