Seorang demonstran menghadapi polisi di dekat gedung parlemen Selandia Baru di Wellington, 2 Maret 2022. (Dave Lintott / AFP)
Seorang demonstran menghadapi polisi di dekat gedung parlemen Selandia Baru di Wellington, 2 Maret 2022. (Dave Lintott / AFP)

Ribuan Pedemo Anti-Pemerintah Kembali Berkumpul di Parlemen Selandia Baru

Marcheilla Ariesta • 23 Agustus 2022 16:05
Wellington: Sekitar 2.000 demonstran anti-pemerintah berkumpul di luar gedung parlemen Selandia Baru pada Selasa, 23 Agustus 2022. Mereka melampiaskan rasa frustasi atas berbagai masalah yang terjadi dalam hampir enam bulan terakhir.
 
Para pengunjuk rasa, yang dikoordinasikan Koalisi Kebebasan dan Hak, tiba dari seantero Selandia Baru. Mereka berkumpul di halaman rumput di luar gedung parlemen di ibu kota Wellington.
 
Membawa plakat berisi kalimat-kalimat seruan kebebasan, para demonstran memprotes berbagai masalah dalam negeri di Selandia Baru, termasuk peraturan lingkungan yang lebih ketat untuk petani, upaya pemerintah dalam mengambil alih aset air milik daerah, dan terkait pembatasan Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Ubah Strategi, Selandia Baru Coba Hidup Berdampingan dengan Covid-19
 
"Pemerintah kami, mereka tidak benar-benar bekerja untuk kami," kata seorang pengunjuk rasa, Danny Hanif, dilansir dari Channel News Asia.
 
Ia mengatakan, pemerintah Selandia Baru cenderung tidak mendengarkan aspirasi banyak warga, termasuk mengenai masalah kepemilikan aset air.
 
Sejumlah barikade didirikan di depan gedung parlemen, dan aparat kepolisian dalam jumlah yang cukup signifikan bersiaga di sekitar lapangan di dekatnya.
 
Maret lalu, kepolisian Selandia Baru Polisi mengakhiri protes anti-vaksin yang telah mengganggu ibu kota Wellington selama tiga pekan. Polisi juga membongkar sebuah perkemahan pedemo di lokasi yang sama, menderek sejumlah kendaraan dan menangkap puluhan individu.
 
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan, selama ini pihaknya selalu menyambut baik gerakan unjuk rasa damai, dan ia ingin protes seperti ini dilanjutkan.
 
Tingkat kepuasan publik terhadap Partai Buruh milik PM Ardern anjlok tahun ini. Dalam survei terbaru 1News Kantar Public Poll bulan ini, tingkat kepuasan terhadap partai PM Ardern berada di angka 33 persen, turun dari 41 persen di akhir 2021.

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif