Warga di Hangzhou, Tiongkok antre lakukan tes massal covid-19. Foto: AFP
Warga di Hangzhou, Tiongkok antre lakukan tes massal covid-19. Foto: AFP

Hangzhou Mulai Lakukan Tes Massal Covid-19, Kasus di Shanghai Mulai Mereda

Internasional Tiongkok covid-19 Kasus Baru Covid-19 Tiongkok Tes Covid-19
Fajar Nugraha • 29 April 2022 14:38
Shanghai: Kota Hangzhou di Tiongkok, rumah bagi raksasa teknologi Alibaba Group, akan memulai pengujian massal untuk covid-19. Sementara kasus di Shanghai turun untuk hari kelima.
 
“Tes massal akan mencakup sebagian besar wilayah pusat kota Hangzhou, dengan 10.000 lokasi uji gratis yang akan didirikan,” kata pemerintah kota dalam sebuah pernyataan pada Rabu 28 April 2022 malam, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat 29 April 2022.
 
Pihak pemerintah kota pun mendesak warga untuk dites setiap 48 jam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya naik kereta api singkat dari Shanghai, kota berpenduduk sekitar 12 juta orang ini adalah rumah bagi jaringan perusahaan teknologi kecil namun terkenal. Mereka termasuk pembuat game NetEase dan perusahaan produk pengawasan video Hangzhou Hikvision Digital Technology.
 
Hangzhou juga merupakan basis dari Zhejiang Geely Holding Group, pembuat mobil yang dimiliki oleh miliarder auto titan Li Shufu dan Nongfu Spring, perusahaan minuman dalam kemasan yang dimiliki oleh orang terkaya Tiongkok, Zhong Shanshan.
 
Sementara itu, wabah kembar di Shanghai dan Beijing terus menunjukkan beberapa tanda stabil.
 
Infeksi virus korona di Shanghai turun menjadi 10.662 pada Rabu, terendah dalam lebih dari tiga minggu. 50 kasus dilaporkan di Beijing kemarin, di mana uji coba massal telah diluncurkan untuk mengidentifikasi dan menekan penyebaran Omicron sebelum menyebar di luar kendali.
 
Kota pelabuhan Qingdao dan Qinhuangdao juga telah mengumumkan penguncian sebagian, tindakan yang selanjutnya dapat memperburuk gangguan rantai pasokan global karena pemerintah daerah mengambil tindakan cepat untuk menahan gejolak covid-19.
 
Upaya Tiongkok untuk mencapai nol-Covid, telah melihatnya meluncur dalam Peringkat Ketahanan Covid Bloomberg di mana pandemi ditangani paling baik dengan gangguan ekonomi dan sosial paling sedikit.
 
Berperingkat tinggi dalam satu setengah tahun pertama pandemi, Tiongkok telah merosot ke urutan ke-51 di antara 53 ekonomi utama yang dilacak, dengan hanya Rusia dan wilayah Hong Kong yang mendapat skor lebih rendah, terseret oleh ketergantungannya yang meningkat pada pembatasan seperti penguncian dan perbatasan internasionalnya yang tertutup secara efektif.
 
Sementara Shanghai tetap dalam penguncian yang belum pernah terjadi sebelumnya yang membuat sebagian besar dari 25 juta penduduk kota terkurung di rumah mereka selama sebulan atau lebih. Seorang pejabat mengisyaratkan pada hari Rabu mungkin ada beberapa pelonggaran untuk daerah-daerah tertentu.
 
“Kelompok orang terbatas di distrik-distrik yang pada dasarnya tidak ada penyebaran komunitas akan diizinkan pergerakan terbatas,” pungkas Wakil Direktur Komisi Kesehatan Kota Hangzhou, Zhao Dandan.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif