Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP)
Vaksin covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (AFP)

Perempuan di Selandia Baru Meninggal Usai Disuntik Vaksin Pfizer

Willy Haryono • 30 Agustus 2021 09:14
Wellington: Seorang perempuan di Selandia Baru meninggal dunia usai menerima suntikan vaksin Covid-19 buatan Pfizer. Sebuah dewan independen pengawasan keamanan vaksin Covid-19 menyebut kematian perempuan tersebut diakibatkan myocarditis.
 
"Myocarditis merupakan salah satu efek samping langka dari penggunaan vaksin Pfizer," kata Kementerian Kesehatan Selandia Baru, dilansir dari laman The Age, Senin, 30 Agustus 2021.
 
Dewan pengawas menyebut adanya beberapa isu kesehatan lain di tubuh perempuan tersebut yang mungkin berpengaruh terhadap efek dari vaksinasi Pfizer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlepas dari laporan efek samping langka ini, Selandia Baru menekankan bahwa vaksin Pfizer secara umum aman digunakan masyarakat luas.
 
Beberapa bulan lalu, pemerintah Selandia Baru di bahwa Perdana Menteri Jacinda Ardern telah mengamankan pasokan vaksin Pfizer untuk memvaksinasi seluruh warga. Total pembelian mencapai 10 juta, dan cukup untuk memvaksinasi populasi Selandia Baru yang jumlah berkisar lima juta jiwa.
 
Program vaksinasi Covid-19 di Selandia Baru dimulai Februari lalu. PM Ardern menargetkan seluruh warga Selandia Baru harus sudah divaksinasi pada akhir tahun ini.
 
Sementara itu pada hari Minggu kemarin, Selandia Baru mencatat tambahan 83 kasus varian Delta Covid-19. PM Ardern beberapa perubahan mengenai penanganan wabah Delta akan diumumkan hari Senin ini.
 
Jumat kemarin, PM Ardern memperpanjang lockdown Covid-19 untuk 5,1 juta warganya hingga Selasa mendatang. Setelah itu, berbagai pembatasan di Selandia Baru akan sedikit diperlonggar.
 
Baca:  Selandia Baru Punya Terobosan Susun 'Puzzle' Penyebaran Covid-19
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif