Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Gempa Berkekuatan 6,3 Magnitudo Mengguncang Lepas Pantai Taiwan

Internasional gempa taiwan gempa taiwan
Fajar Nugraha • 09 Mei 2022 15:42
Taipei: Gempa berkekuatan 6,3 magnitudo melanda di lepas pantai Taiwan pada Senin 9 Mei 2022 sore waktu setempat. Gempa menyebabkan  gedung-gedung di ibu kota Taipei terguncang.
 
“Gempa lepas pantai melanda tepat sebelum 14:30 pada kedalaman 27 kilometer, sekitar 70 kilometer barat daya Yonakuni, sebuah pulau Jepang tidak jauh dari Taiwan,” menurut laporan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dikutip dari Channel News Asia.
 
Biro Cuaca Pusat Taiwan mengatakan guncangan itu, yang kelima tahun ini di atas magnitudo 6,0, terasa di seluruh pulau. Meskipun tidak ada laporan mengenai kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semoga semua orang aman. Mungkin ada gempa susulan dan harap berhati-hati,” peringatan Wali Kota New Taipei City Hou You-yi, di Facebook.
 
Badan Meteorologi Jepang memperkirakan gempa tersebut berkekuatan 6,6 magnitudo dan mengatakan itu mungkin memicu fluktuasi kecil permukaan laut. Tetapi Jepang belum mengeluarkan peringatan tsunami.
 
Taiwan dan daerah sekitarnya secara teratur dilanda gempa bumi karena berada di dekat persimpangan dua lempeng tektonik.
 
Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan selatan pada 2016, sementara gempa berkekuatan 7,3 SR menewaskan lebih dari 2.000 orang pada 1999.
 
Pada Maret, gempa bumi berkekuatan 6,7 yang melanda pantai timur Taiwan mengguncang bangunan dan membangunkan orang dari tidur mereka, menyebabkan satu orang terluka dan menyebabkan jembatan yang setengah dibangun di timur pulau itu runtuh.
 
Gempa bumi 6.0 atau lebih dapat terbukti mematikan, meskipun banyak tergantung di mana mereka menyerang dan pada kedalaman berapa.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif