Korban terhimpit di Perayaan Hallowen di Korsel dibawa dengan ambulans. Foto: AFP
Korban terhimpit di Perayaan Hallowen di Korsel dibawa dengan ambulans. Foto: AFP

Media Korea Sebut 146 Orang Tewas dalam Perayaan Halloween

Fajar Nugraha • 30 Oktober 2022 02:31
Seoul: Korban tewas dalam perayaan Halloween di Korea Selatan (Korsel) tidak pernah surut. Saat ini korban tewas dilaporkan sudah mencapai 146 orang.
 
“Sedikitnya 146 orang tewas dan lebih dari 150 terluka dalam perayaan yang berujung pada massa yang terhimpit dan terinjak-injak di Itaewon, Yongsan-gu, Seoul,” sebut laporan Korea Herald, Minggu 30 Oktober 2022.
 
Menurut otoritas pemadam kebakaran pada pukul 4:00 pagi pada Minggu 30 Oktober 2022,  pihaknya mulai menerima laporan pasien yang mengalami kesulitan bernapas pada pukul 10:22 Sabtu malam 29 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dari 120 orang yang meninggal, 74 dibawa ke rumah sakit dan 46 dibawa ke gimnasium dalam ruangan serbaguna di dekatnya. Mengidentifikasi almarhum diperkirakan akan memakan waktu,” menurut petugas pemadam kebakaran.
 
Diketahui bahwa sebagian besar yang tewas berusia 20-an. Para pejabat memperkirakan bahwa jumlah korban akan terus meningkat sepanjang hari.
 
Pemadam kebakaran mengeluarkan tanggapan tahap pertama pada pukul 10:38 malam. pada hari Sabtu, dan kemudian meningkatkannya ke tahap tiga pada pukul 11:50. Sebanyak 848 personel, termasuk 364 petugas pemadam kebakaran, dikerahkan untuk menangani kecelakaan itu dan 142 ambulans dikerahkan.
 
Sekitar pukul 11:30 malam, petugas penyelamat melakukan CPR pada puluhan orang yang pingsan di dekat Hotel Hamilton di Itaewon, kata laporan. Laporan awal mengatakan ada sekitar 50 pasien yang mengalami serangan jantung di tempat kejadian.
 
Sekitar 100.000 orang berada di distrik hiburan sepanjang hari pada hari Sabtu untuk merayakan akhir pekan Halloween pertama tanpa masker dan langkah-langkah jarak sosial sejak awal pandemi covid-19.
 
Menyusul laporan insiden tersebut, Presiden Yoon Suk-yeol berkata, "Semua kementerian dan lembaga terkait, yang dipimpin oleh menteri administrasi publik dan keamanan, harus melakukan segala upaya untuk segera memberikan bantuan kepada para korban," menurut Lee Jae-myung, Juru Bicara
Kantor Wakil Presiden Korsel.
 
Sementara Presiden Yoon juga menyerukan langkah-langkah keamanan untuk menghadapi keadaan darurat yang dapat dipicu pada acara Halloween yang berlangsung di seluruh negeri. Wali Kota Seoul Oh Se-hoon juga telah memutuskan untuk segera kembali dari perjalanan bisnisnya di Eropa, menurut laporan.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif