Pesawat jet tempur Chengdu J-10 dari Angkatan Udara Tiongkok. (KARIM SAHIB / AFP)
Pesawat jet tempur Chengdu J-10 dari Angkatan Udara Tiongkok. (KARIM SAHIB / AFP)

Taiwan Mengecam Keras Latihan Militer Terbaru Tiongkok

Willy Haryono • 09 Januari 2023 16:58
Taipei: Taiwan mengecam keras Tiongkok yang menggelar latihan tempur militer terbaru di sekitar pulau itu. Latihan ini merupakan kali kedua dilakukan Tiongkok di dekat Taiwan dalam kurun waktu kurang dari sebulan.
 
Mengenai latihan militer terbaru, Kementerian Pertahanan Taiwan mengaku telah mendeteksi 57 pesawat Tiongkok.
 
Tiongkok memandang Taiwan, pulau yang menjalankan pemerintahan demokratis, sebagai wilayahnya sendiri. Dalam beberapa bulan terakhir, Beijing terus meningkatkan tekanan militer, politik, dan ekonomi untuk menegaskan klaim tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mengatakan bahwa pasukannya mengadakan "patroli kesiapan tempur bersama dan latihan tempur sungguhan" di laut dan wilayah udara sekitar Taiwan, dengan fokus pada serangan darat dan laut.
 
Tujuannya adalah untuk menguji kemampuan tempur bersama dan "dengan tegas melawan tindakan provokatif pasukan eksternal dan separatis kemerdekaan Taiwan," ujar pernyataan singkat pada Minggu malam.
 
Melansir dari laman Malay Mail, Senin, 9 Januari 2023, kantor kepresidenan Taiwan mengatakan bahwa Tiongkok telah membuat "tuduhan tak berdasar" dan mengutuk keras latihan itu, dengan mengatakan bahwa perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan dan kawasan adalah tanggung jawab bersama Taiwan dan Tiongkok.
 
"Posisi Taiwan sangat jelas, tidak akan meningkatkan konflik atau memprovokasi perselisihan, tetapi akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanan," kata kantor kepresidenan Taiwan.
 
“Militer kami sangat memahami situasi di Selat Taiwan dan sekitarnya, serta merespons dengan tenang," tambahnya.
 
Senin ini, Kemenhan Taiwan telah mendeteksi 57 pesawat Tiongkok dan empat kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar pulau itu, termasuk 28 pesawat yang terbang ke zona pertahanan udara Taiwan.
 
Beberapa dari 28 pesawat itu melintasi garis median Selat Taiwan, penyangga tidak resmi antara kedua pihak, di antaranya jenis Su-30 dan J-16. Sementara dua pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir terbang ke selatan Taiwan, kata pihak kemenhan.
 
Baca: Tiongkok Gelar Latihan Tempur Militer Dekat Taiwan
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif