Masyarakat Indonesia di Canberra, Australia rayakan HUT ke-77 RI./Dok. KBRI Canberra
Masyarakat Indonesia di Canberra, Australia rayakan HUT ke-77 RI./Dok. KBRI Canberra

Antusiasme WNI Meriahkan Lomba 17 Agustus di Canberra

Marcheilla Ariesta • 09 Agustus 2022 08:10
Canberra: Pelaksanaan lomba 17 Agustus-an sudah dirasakan terlebih dulu oleh masyarakat Indonesia di Canberra, Australia. Ada lomba makan kerupuk, lari kelereng, karnaval jalan sehat, bola voli, badminton dan aneka kegiatan lainnya telah dilaksanakan oleh KBRI Canberra beserta seluruh komponen masyarakat Indonesia di sana. 
 
Kemeriahan ini telah dimulai sejak 30 Juli 2022 dimana Duta Besar RI untuk Australia, Siswo Pramono telah melakukan kick-off secara simbolis pada rangkaian invitasi olahraga yang dilaksanakan di Sports Hall, Canberra.
 
Diaspora dan friends of Indonesia sangat antusias mengikuti kegiatan setelah dua tahun dalam masa pandemi. Sekitar 250 masyarakat, mahasiswa, pelajar dan para pemuda Australia yang mencintai Indonesia turut serta dalam berbagai kegiatan yang memperkuat silaturahmi antar berbagai kelompok masyarakat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah delapan tim masing-masing pada kompetisi volley dan futsal telah mewakili berbagai elemen masyarakat, selain invitasi perorangan pada cabang badminton, tenis meja, bola basket dan golf. 
 
"Kemudian, pada Sabtu, 6 Agustus, karnaval jalan sehat dimeriahkan sekitar 250 peserta sejak pukul 08.00 waktu setempat. Sepeda hias, atribut kreatif serta pakaian bernuansa kemerdekaan mengular sepanjang satu kilometer dari KBRI Canberra ke Danau Burley-Griffin," demikian dikutip dari keterangan KBRI Canberra yang diterima Medcom.id, Selasa, 9 Agustus 2022. 
 
Diaspora dan friends of Indonesia juga menyanyikan lagu bersama. Diantaranya adalah Indonesia Raya, Hari Merdeka dan Maju Tak Gentar dengan semangat  meskipun di tengah cuaca dingin Canberra. 
 
Baca juga: Kali Pertama, Australia Ikut Latihan Super Garuda Shield 2022
 
Sejumlah perlombaan tradisional yang sangat dirindukan masyarakat, khususnya makan kerupuk, lari kelereng, pensil dalam botol, menggambar, mewarnai dan juga tebak pahlawan sangat semarak. Selain itu panggung juga diramaikan oleh grup band mahasiswa, masyarakat, serta para pelajar, tidak lupa selain hadiah perlombaan, acara juga meriah dengan puluhan door prizes. 
 
"Selain kegiatan tersebut, hingga puncak 17 Agustus 2022, KBRI Canberra memiliki program workshop batik, workshop tari kontemporer dan diskusi ulos, serta speech dan story telling untuk penutur asing Bahasa Indonesia secara daring," lanjut mereka. 
 
Saat ini para pelajar yang tergabung dalam Paskibra sedang latihan untuk mempersiapkan Upacara Bendera yang akan dihadiri perwakilan dari komponen masyarakat dan friends of Indonesia. 
 
Pada saat itu juga akan diselenggarakan acara pengembalian 333 keramik dari Kapal Tek Sing yang tenggelam pada 1822, Minister of Arts Australia, Anthony Burke akan menyerahkan langsung 6 sample dari keramik tersebut, sebagai capaian kerja sama budaya yang baik antara Pemerintah Australia kepada Pemerintah Indonesia. 
 
"Sejumlah kegiatan ini mengusung semangat perayaan HUT ke-77 RI, yaitu pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat," pungkas mereka.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif